Jumat, 23 Desember 2016

5 Penyebab Hipertensi yang Harus Kamu Tahu

Filled under:

faktor penyebab hipertensi

Salah satu penyakit yang sering mengintai orang dewasa hingga usia lanjut adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Penyakit ini dapat memicu timbulnya berbagai penyakit lain yang cukup serius seperti serangan jantung, stroke, dan pecahnya pembuluh darah sehingga menyebabkan kematian. Gejala yang sering muncul akibat hipertensi adalah pusing, lemas, dan tidak berenergi sehingga setiap orang harus lebih waspada dan rutin untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mengontrol tekanan darah. Banyak sekali faktor penyebab hipertensi mulai dari faktor makanan hingga pola hidup yang tidak sehat. Berikut adalah beberapa penyebab timbulnya hipertensi yang wajib diketahui:

Faktor usia

Semakin bertambahnya usia seseorang maka resiko terserang hipertensi semakin besar. Pada umumnya hipertensi diderita oleh orang dewasa dan usia lanjut.

Faktor keturunan

Anda harus lebih berhati-hati jika terdapat anggota keluarga yang terserang hipertensi karena seseorang yang memiliki riwayat kesehatan keluarga hipertensi berpotensi besar juga terserang penyakit ini.

Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok tidak hanya dapat membahayakan paru-paru saja tetapi juga dapat meningkatkan resiko terserang hipertensi. Merokok dapat memicu penyempitan arteri sehingga peredaran darah terhambat. Tidak hanya perokok aktif saja yang berisiko hipertensi tetapi perokok pasif juga memiliki resiko yang sama juga.

Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan tidak hanya dapat merusak penampilan saja tetapi juga dapat memicu berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan hipertensi. Memiliki berat badan yang berlebih menyebabkan tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen dan nutrisi sehingga volume darah yang dibutuhkan juga cenderung lebih banyak, hal ini dapat meningkatkan tekanan darah yang dapat menyebabkan hipertensi.

Mengkonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi

Tubuh membutuhkan yodium yang dapat diperoleh dari garam beryodium tetapi kadar garam yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh yang memicu terjadinya hipertensi. Jadi sebaiknya konsumsi garam sesuai dengan takaran dan kebutuhan tubuh saja untuk menurunkan resiko hipertensi.

Agar terhindar dari hipertensi dan berbagai penyakit lain maka jalankan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi lebih banyak buah, sayur, dan bahan makanan segar lainnya serta jangan lupa untuk mengganti gula biasa dengan Tropicana yang lebih sehat.