Sabtu, 19 September 2015

Kain Tradisional

Filled under:

Indonesia terkenal dengan segala keragamannya, mulai dari keragaman budaya, bahasa, hingga keanekaragaman hasil kerajinan tangannya. Hal ini tentu tidak mengherankan, mengingat indonesia merupakan negara kepulauan yang tersiri dari berbagai macam suku. Setiap suku memiliki bahasa berbeda dan cara hidup berbeda. Hal inilah yang mengakibatkan pola pemikiran setiap suku pun berbeda. Banyak hasil karya yang dimiliki oleh setiap daerah di Indonesia, seperti kerajinan rotan, kayu, hingga kerajinan kain tradisional Indonesia. Contoh kain tradisional tersebut, diantaranya kain batik Solo, batik pekalongan, batik Garut, dan batik dari daerah lain. Selain batik ada juga kain tenun, seperti kain tenun Lombok, kain tenung rangrang, kain songket dan sebagainya.


 Berbicara tentang kain tradisional Indonesia, banyak orang yang berpikir jika sesuatu yang berbau tradisional adalah sesuatu yang sifatnya ketinggalan zaman. Paradigma seperti ini banyak dimiliki oleh kaum muda yang cenderung menyukai sesuatu yang sifatnya modern, terutama yang berasal dari luar negeri. Bagi mereka, segala sesuatu yang berasal dari luar negeri adalah hal yang sangat keren dan terbaik. Sebenarnya, kita tidak menyalahkan hasil karya dari luar negeri. Kita boleh mengaguminya dan kitapun boleh menggunakan atau menikmatinya. Namun, jangan sampai hal itu membuat kta benci atau menjauh dari produk tradisional kita sendiri, seperti kain tenun Indonesia.


 Jika anda berpikir kain tradisional ketinggalan zaman, faktanya banyak orang – orang kreatif yang menjadikan kain tradisional menjadi lebih modern, bahkan disukai oleh orang luar negeri. Sebagai contoh, kain tenun Lombok dapat dibuat menjadi baju dengan model terkini dan modern, bahkan itu bisa dibuat menjadi benda lain yang lebih modern, seperti tas, sepatu, topi, dan masih banyak lagi.
Oleh karena itu, tidak salah jika sedari sekarang anda mulai menyukai kain tradisional Indonesia. Jika anda memiliki kesempatan untuk berkunjung ke daerah penghasil kain tradisional, anda dapat menjadikan kain itu sebagai oleh – oleh yang tidak boleh terlewatkan. Akan tetapi, jika anda belum memiliki kesempatan untuk membeli kain secara langsung di daerah asalnya, anda bisa membelinya secara online di kainlombok.com. Disana, anda bisa menemukan beragam corak dan jenis kain tradisioanal sesuai keinginan anda.