Rabu, 23 November 2016

Buah Favorit Untuk Nutrisi Otak

Filled under: ,


Aneka macam buah-buahan merupakan nutrisi terbaik tubuh bahkan beberapa di antaranya merupakan buah yang baik sebagai nutrisi otak. Selain menjadi kudapan sebelum atau sesudah makan, sebagai selingan atau snack sehat di waktu senggang buah-buahan mampu memberikan berbagai manfaat yang luar biasa.

Buah – buahan yang kaya akan nutrisi otak adalah;

Buah Pisang, pisang sangat baik untuk kecerdasan otak dan juga kecantikan. Kandungan kalium dan magnesium yang tinggi dalam pisang akan memperlancar jalannya transmisi antar sel syaraf otak sehingga kemampuan berfikir dan respon pun akan lebih cepat.

Alpukat, kandungan vitamin E di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan alami yang mampu mencegah penuaan dini baik pada tubuh ataupun otak.

Aneka Beri,semua kelompok beri seperti stoberi, ceri, blackbery, dan bluebery mengandung antioksidan tinggi, vitamin C, yang bermanfaat untuk menangkal berbagai penyakit termasuk kanker. Mengandung sejumlah kecil asam lemak omega 3, yang berguna untuk mencerdaskan otak serta memperkuat daya ingat juga mengandung asam lemak omega-3, antioksidan pada blueberry membantu menstimulasi aliran darah dan oksigen ke otak sehingga tetap segar dan konsentrasinya terjaga. konsumsi blueberry dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah kehilangan ingatan jangka pendek, meningkatkan memori spasial, antioksidannya mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan gangguan pada ingatan jangka panjang.Kandungan antosianin yang terdapat pada blackcurrant membantu melawan tekanan oksidatif yang merusak sel otak.

Tomat, Karotenoid, zat pemberi warna merah pada tomat, diduga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan ingatan jangka panjang. Karotenoid yang paling menonjol adalah likopen yang banyak ditemukan pada kulit tomat. Salah satu zat yang termasuk antioksidan ini dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan demensia dan alzheimer.Likopen membantu melindungi otak dari serangan stroke.

Jika buah-buahan sebagai nutrisi otak di atas tidak hanya ingin dimakan begitu saja, cobalah buat jus atau bahkan smooties. Jus buah yang diinginkan misal pisang tambahkan susu bubuk dancow, blender tanpa gula, jika manis dari pisang kurang tambahkan saja madu. Susu selain mengandung vitamin D juga merupakan nutrisi otak dan zat gizi penting bagi pertumbuhan jaringan otak dan sistem syaraf pusat.