Minggu, 14 Agustus 2016

Tips Mencegah Iritasi Kulit Bayi Yang Baru Lahir

Filled under:


Kulit pada bayi merupakan bagian yang cenderung tipis, rentan dan sensitif terhadap kondisi apapun di sekitarnya. Untuk itu, sebagai bunda haruslah benar-benar menjaganya dengan maksimal agar jauh dari terjadinya iritasi dan ruam kulit. Penyebab iritasi pada kulit bayi ialah dari sabun mandi yang digunakannya terlalu keras dan meninggalkan panas, timbulnya bakteri dan virus merugikan, popok yang lembab, dan lain sebagainya. Agar tidak terjadi hal seperti demikian, ada beberapa tips penting untuk mencegah iritasi pada kulit si kecil, lebih-lebih untuk bayi yang baru lahir dengan kulit yang lebih rentan dan rawan. Apa sajakah tips amannya? Diantaranya sebagai berikut.

1.  Cermati Produk Perawat Kulit Bayi
Gunakan produk yang telah direkomendasikan untuk bayi, seperti bedak tabur khusus bayi, sabun mandi , shampoo khusus bayi, dan lain sebagainya secara tepat disertai aturan dan cara perawatan yang disarankan pula. Pilihlah yang tepat dari kandungan yang aman dan sesuai dengan kondisi kulit bayi dari hasil uji lab secara klinis seperti rangkaian produk Zwitsal.

2.  Amatilah Kondisi Kelembaban Pada Kulit Bayi
Jangan biarkan kondisi kulit bayi yang terlalu lembab berlama-lama, ini akan menyebabkan iritasi kulit bayi yang begitu cepat diantara gesekan pakaian bayi dengan kulit bayi secara langsung. Hal utamanya perhatikan pada popok bayi dan pakaian yang digunakan. Jika yang dipakainya basah, hendaklah menggantinya dengan pakaian atau popok yang kering.

3.  Penggunaan Detergen/Cairan Antiseptik Untuk Bayi
Kulit pada bayi amat rentan terhadap segala jenis detergen atau cairan antiseptik serta dengan kandungan bahan kima yang ada, apalagi untuk bayi yang baru lahir yang lebih rentan dan amat sensitif. Jika terlalu tinggi menggunakannya, kemungkinan akan memicu adanya iritasi dan ruam pada kulit. Gunakan produk detergen atau cairan antiseptik yang telah disarankan khusus untuk bayi.
Nah, itulah sedikit tips penting dalam pencegahan iritasi pada kulit bayi. Tentu sangat menguntungkan bagi para bunda bila si bayi yang baru lahir atau bayi berumur bulanan pun bahagia dan terhindar dari gangguan.