Senin, 22 Februari 2016

Kiat Mengatur Waktu Kuliah Dan Organisasi

Filled under:


Lulus SMA dengan nilai yang memuaskan, mengikuti tes SBMPTN dan diterima ke perguruan tinggi idaman tentunya menjadi doa yang tak henti-hentinya dipanjatkan pada anak kelas 3 SMA, mengingat serangkaian kegiatan yang satu ini bisa jadi membuat mereka benar-benar stress. Banyak sekali ujian yang harus ditempuh oleh anak kelas 3 SMA, belum lagi dengan memikirkan masa depan mereka ketika nanti sudah lulus. Apakah kamu memiliki keinginan untuk kuliah ke IPB (Institut Pertanian Bogor).

Tak bisa dipungkiri bahwa Institut Pertanian Bogor menjadi salah satu perguruan tinggi favorit yang banyak dijadikan sebagai pilihan anak-anak yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Namun tentunya bukan perkara yang mudah untuk masuk ke dalamnya. Namun bagi yang sudah diterima belajarlah dengan sungguh-sungguh dan jadilah lulusan yang berprestasi, terlalu banyak kegiatan organisasi membuat kamu kurang fokus kuliah, nilai jadi turun. Bagi kamu mahasiswa dengan segudang kegiatan terkadang nilai memang bermasalah, namun tak perlu khawatir ada beberapa cara menyiasatinya, yaitu:

  1. Pilihlah prioritas yang paling utama, karena kamu kuliah dengan tujuan belajar, maka sebanyak apapun organisasi tetap utamakan kuliah, baru di sela-sela waktu senggang nantinya kamu bisa memuaskan diri dengan ikut organisasi tersebut.
  2. Atur jadwal, memiliki posisi yang penting dalam sebuah organisasi tentunya tak bisa membuat Anda meninggalkan kuliah dan organisasi begitu saja untuk itu mulailah menyesuaikan jadwal agar kedua-duanya mendapat porsi yang pas.
  3. Angan tunda jika ada tugas, misalkan saja minggu ini ada 2 tugas mata kuliah, selagi ada waktu kosong entah itu di sela-sela organisasi atau benar-benar senggang sebaiknya langsung kamu kerjakan agar tak semakin menumpuk dan hasil juga tetap maksimal.


Setidaknya itulah yang bisa kamu lakukan agar organisasi dan juga kuliah kamu mendapatkan porsi yang tepat, tak ada salah satu diantaranya yang mengalami masalah. Semua mahasiswa yang gemar ikut organisasi baik itu di IPB (Institut Pertanian Bogor) maupun kampus yang lainnya tentu harus bisa mengatur waktu mereka.