Selasa, 01 Desember 2015

Pantangan Darah Tinggi Yang Paling Sering Dilanggar Kaum Pria

Filled under:


Darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah secara terus menerus yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat yang dipengaruhi gaya hidup serta jenis makanan yang dikonsumsi. Hipertensi dapat menyerang semua umur, namun umumnya gejalanya akan terasa jika usia sudah beranjak tua atau diatas 30 tahun.

Selain itu penyakit darah tinggi dapat menyerang siapa saja pria dan wanita. Biasanya gaya hidup dan kebiasaan antara pria dan wanita berbeda, misalnya untuk wanita kebiasaan ngemil camilan yang mengandung banyak garam natrium menjadi salah satu pemicu darah tinggi, sedangkan untuk pria jelas sudah berbeda lagi. Inilah pantangan darah tinggi yang sering dilanggar kaum pria.

 Merokok

Memang rokok bukan jenis makanan, namun tetap saja berbahaya jika dilakukan oleh penderita hipertensi. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa dalam setiap rokok mengandung nikotin dan tar serta zat zat kimia berbahaya lainnya. Perlu diketahui nikotin akan mengendap dalam tubuh termasuk dalam pembuluh darah, jadi nanti efeknya dapat menyumbat dan menghambat aliran darah. Mirip dengan kolesterol yang bisa mengendap dan membentuk kerak yang sulit untuk dihilangkan.

 Minuman Beralkohol

Alkohol merupakan senyawa yang tidak terdapat dalam tubuh sehingga sebenarnya tubuh tidak dapat menerima alkohol. Kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol akan memicu kerusakan pada hati, pankreas, dan arteri pada jantung. Selain itu zat kimia alkohol dapat mempengaruhi sistem saraf yang mengatur tekanan darah, sehingga tekanan darah normal dapat saja naik secara siginfikan.

 Kebiasaan Kopi

Bagi penderita darah tinggi tidak disarankan minum kopi terlalu sering karena kopi merupakan salah satu sumber kaffein, dampak zat kaffein jika terlalu banyak dalam tubuh akan menstimulasi otak supaya badan yang sudah lelah akan kembali segar kembali, padahal hal ini terjadi karena tekanan darah meningkat. Jika terus terjadi seperti ini bukan tak mungkin penyakit hipertensi semakin parah.

Begitulah kebiasaan yang menjadi penyebab hipertensi yang sebenar nya sering diabaikan oleh kaum pria. Banyak terjadi seseorang khususnya pria sudah mengetahui mengindap hipertensi atau pantangan darah tinggi, tetapi masih saja dengan sengaja melanggar pantangan pantangan tersebut. Jadi memang diperlukan kesadaran supaya mampu menahan diri untuk tidak melanjutkan kebiasaan yang tidak baik tersebut.