Kamis, 13 Agustus 2015

Tips Jitu Memperoleh Beasiswa Australia Bagi Calon Mahasiswa

Filled under:

Kuliah secara gratis. Siapa yang tidak tergiur dengan hal tersebut. Bahkan, Anda pasti ingin bisa bersekolah dengan gratis. Apalagi bersekolah di luar negeri sekelas Australia. Setiap tahunnya, memang banyak berbagai macam beasiswa Australia. Jumlahnya banyak, namun yang mendaftar sudah pasti tidak kalah banyak. setiap tahunnya berbagai pelajar berbondong-bondong agar bisa mendapatkan kesempatan emas tersebut.


Lantas, bagaimana tips ampuh untuk mendapatkan beasiswa ini?

1.       Mempersiapkan segala hal dengan matang. Saat Anda kuliah di Australia, Anda akan di tuntut untuk mampu beradaptasi dengan segala lingkungan serta suasana yang tergolong baru. Karena hal tersebutlah, lebih baik Anda menyiapkannya jauh-jauh hari. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala dokumen yang harus Anda kumpulkan demi seleksi beasiswa tersebut,
2.       Latihan, latihan ini bukan hanya latihan berbagai test tertulis. Namun Anda harus menyiapkan diri seperti test wawancara, jawaban seperti apa yang akan Anda utarakan nantinya untuk menarik perhatian sang pewawancara. Jangan lupa untuk belajar bahasa. Tidak ada salahnya menyempatkan waktu selama 3 hingga 4 jam sehari khusus untuk berbahasa,
3.       Bertanya dengan orang yang telah berhasil, mengapa harus ngobrol dengan mereka? untuk mempelajari, hal apa yang harus Anda lakukan ketika proses seleksi tiba,
4.       Bertanya kepada mereka yang gagal mendapatkan beasiswa. Mengapa harus bertanya pada yang gagal? Sederhana, agar Anda tidak mengulangi kesalahan mereka.

Anda harus benar-benar memahami berbagai macam persyaratan untuk mendapatkan beasiswa ini. Memang kebanyakan yang mengejar beasiswa S2 ialah mereka yang telah lulus serta bekerja 2 hingga 3 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin mengejar tujuan yang sama seperti mereka. Saat Anda memutuskan ingin mengejar beasiswa, segera lakukan segala persyaratan sedini mungkin, mulai dari menyiapkan dokumen, hingga kemampuan. Biasanya setiap orang akan memiliki sebuah kekurangan dari persyaratan yang diberikan, seperti toefl.

Lantas sejak kapan mulai meyakinkan diri akan mendaftar beasiswa ini? Sebenarnya Anda bisa mulai mempersiapkan diri sejak di bangku SMA. Dari sana Anda bisa menyiapkan nilai dengan baik, belajar dengan rajin, hingga mempertinggi kemampuan berbahasa asing. Agar setelah lulus, Anda bisa langsung melangkah. Jangan lupa untuk menentukan jurusan. Ini yang sering di lupakan oleh mereka yang memburu beasiswa. Mereka hanya memburu agar bisa mengeyam pendidikan universitas di Australia namun belum memastikan jurusan yang cocok untuk mereka.

Pilih jurusan yang benar-benar Anda ingini serta akan berpengaruh untuk pekerjaan yang ingin Anda dapatkan. Australia sendiri memiliki berbagai macam jurusan dengan keunggulan masing-masing. Anda bisa memilih salah satu. Hindari memilih jurusan hanya berdasarkan favorit terbanyak. Jangan bergantung kepada orang lain. Saat Anda memburu beasiswa, bergantung dengan orang lain juga harus Anda hindari. Banyak mereka yang berambisius memburu beasiswa, namun tidak mengerti proses, tatacara, hingga persyaratan yang harus mereka kantongi untuk dapat mengajukan permohonan beasiswa. Cari sebanyak mungkin berbagai informasi yang memberikan penawaran beasiswa.


Tidak segala beasiswa cocok untuk latar belakang yang Anda punyai. Saring berbagai informasi beasiswa Australia 2015. Jika Anda ingin bertanya, lebih baik menanyakannya pada mereka yang telah mendapatkan beasiswa tersebut serta bertanya segala pertanyaan yang mungkin tidak bisa Anda temukan di website. Jangan hanya bertanya pertanyaan yang mungkin bisa Anda cari jawabannya dengan mudah seperti kapan, atau persyaratan untuk memperoleh beasiswa. Hal tersebut sama artinya seperti mempermalukan diri sendiri.