Jumat, 08 Mei 2015

Alat Ukur Tanah Theodolite

Filled under:

Dewasa ini alat ukur optik yang dapat memetakan serta menggambarkan sudut horizontal dan vertikal pada tanah ,telah berkembang menjadi sebuah alat ukur dengan komponen serta kemampuan kapasitas yang lebih baik lagi. Di awal kemunculanya, theodolite ini masih berjenis theodolite transit namun sekarang ini telah berkembang jenis theodolit baru yang memiliki kemampuan membaca sudut lebih teliti serta akurat lagi yakni theodolite digital. Theodolite jenis digital inipun juga dipandang lebih cepat dalam memproyeksikan suatu sudut disamping pemakaianya juga yang jauh lebih mudah. Theodolite digital yang memiliki kemampuan canggih tersebut dapat dimiliki dengan mudah karena sudah banyak toko konvensional yang jual theodolite jenis ini.


Banyaknya distributor atau toko yang jual theodolit saat ini tak bisa dilepaskan dari peran penting alat ukur optik tersebut. Nilai theodolite ini sangat bagus karena manfaat dari alat tersebut yang dapat membuat pekerjaan memetakan atau mengukur sudut tanah menjadi lebih mudah. Sebelum anda menggunakan alat ukur theodolite ini terlebih dahulu anda harus mengetahui mengenai konstruksi dari theodolite tersebut. Hal tersebut penting untuk anda ketahui agar anda dapat lebih paham dengan alat yang membantu meringankan pekerjaan anda itu.

Konstruksi alat ukur optik canggih theodolite ini secara umum terbagi ke dalam 3 bagian, yaitu :

Bagian Bawah

Pada bagian bawah ini tersusun dari pelat dasar yang memiliki tiga sekrup penyetel dan berfungsi untuk menyanggah tabung sumbu serta pelat mendatar yang memiliki bentuk lingkaran. Jika anda perhatikan pada tepi lingkaran tersebut sudah dibuat pengunci limbus.

Bagian Tengah

Pada bagian tengah ini tersusun dari satu jenis sumbu yang dimasukkan dalam sebuah tabung kemudian ditempatkan di bagian bawah. Sumbu yang dimasukkan ke dalam tabung tersebut adalah sumbu tegak lurus yang pertama. Pada sumbu pertama ini kemudian diletakkan lagi suatu plat berbentuk lingkaran dan memiliki jari-jari plat di bagian bawahnya.

Bagian Atas

Pada bagian atas theodolite ini tersusun sumbu kedua yang ditempatkan pada bagian atas kaki penyanggah di sumbu kedua. Pada sumbu kedua tersebut juga dipasang dengan teropong yang memiliki diafragma sehingga memiliki garis bidik. Di sumbu kedua ini juga tempat diletakkanya plat dengan bentuk lingkaran tegak.