Senin, 15 Desember 2014

Tips Aman Agar Tidak Tertipu Peluang Kerja Palsu

Filled under:


Ketika mendapati  lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi diri, biasanya Anda akan terburu-buru untuk mengirimkan lamaran pekerjaan. Mungkin Anda berpikir peluang kerja yang dapat Anda penuhi persyaratannya tidak selalu ada sehingga Anda tidak ingin melewatkan kesempatan. Alih-alih mendapatkan pekerjaan yang baik, hasil yang didapatkan malah Anda tertipu oleh informasi palsu. Bahkan, bisa saja informasi tersebut justru berkaitan dengan modus penipuan yang lebih besar dan merugikan.

Untuk itu, perlu sikap yang bijak dalam menanggapi lowongan kerja yang ada. Anda bisa mencoba tips berikut ini agar tidak tertipu, yaitu:

  • Cari tahu profil perusahaan yang membuka peluang kerja untuk mengetahui keberadaan perusahaan itu nyata atau tidak,
  • Searching melalui internet tentang informasi dan riwayat perusahaan,
  • Jika hasil pencarian di internet tidak ditemukan maka Anda bisa bertanya pada rekan-rekan Anda di akun sosial media siapa tahu ada yang mengenal perusahaan tersebut,
  • Hati-hati dengan panggilan kerja yang di infokan melalui sms,
  • Jangan pernah membayar uang muka untuk mendapatkan suatu posisi pekerjaan karena bisa jadi itu hanyalah penipuan semata.
Saat ini untuk mendapatkan pekerjaan memang tidak terlalu mudah. Banyak peluang kerja yang diumumkan, tetapi mungkin tidak sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Ada juga yang sudah sesuai dengan minat Anda, tetapi memiliki banyak persyaratan yang tidak Anda miliki. Terlepas dari itu semua, jika Anda mendapati lowongan pekerjaan yang cocok maka cermati lah terlebih dahulu sebelum melamar.