Rabu, 10 September 2014

Minyak Telon dan Kelenjar Thymus

Filled under:

Manusia memiliki system kerja tubuh yang sangat kompleks. Antara satu sistem dengan system yang lainnya saling berhubungan. Jika ada bagian yang mengalami kerusakan atau tidak dapat bekerja dengan optimal, maka secara otomatis bagian tubuh yang lainnya akan terganggu. Salah satu sistem tubuh yang berperan penting dalam pertumbuhan manusia adalah kelenjar thymus.

Kelenjar thymus adalah sebuah kelenjar yang berwarna kemerah – merahan dan terletak di dekat tulang dada. Kelenjar ini memiliki 2 lobus yang dapat memproduksi hormon thymosin yang digunakan sebagai perangsang perkembangan untuk menghasilkan dan menjaga system kekebalan tubuh atau imunitas. Selain itu, fungsi kelenjar thymus adalah untuk menghasilkan sel darah putih yang digunakan untuk melawan pertumbuhan sel yang tidak normal di dalam tubuh manusia. Kelenjar ini akan tumbuh pada saat manusia lahir dan kemudian akan berhenti berkembang dan hilang pada saat manusia remaja.


Fungsi kelenjar thymus adalah untuk membunuh bakteri dan virus jahat pada saat manusia mengalami masa adaptasi di dunia. Semakin manusia dewasa, maka ukuran kelenjar ini akan mengecil dan mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh dan rentan terhadap berbagai macam penyakit. Kelenjar thymus memiliki potensi dan manfaat yang besar terhadap pertumbuhan, perkembangan dan kekebalan tubuh manusia.