Rabu, 10 Januari 2018

Belajar Berhitung untuk Anak Usia PAUD

Filled under:

Belajar Berhitung - Ada beberapa hal yang memerlukan perhatian olehorang tua atuapun guru PAUD dalam usaha pengenalan dini sampai mana kegiatan permainan dalam berhitung bisa diberikan pada anak. 

Pengenalan dini ini perlu dilakukan agar menjaga terjadinya masalah seperti kesulitan belajar sebab belum memahami konsep berhitung. Contohnya saja ada banyak kasus berhitung dalam matematika seolah menjadi sesuatu yang nampak menakutkan untuk anak.

Sebenarnya membuat anak senang dalam memahami konsep berhitung bisa dimulai dari dalam diri sendiri ataupun rangsangan yang berasal dari luar seperti permainan dalam persoalan matematika, seperti permainan tebak-tebakan angka, kantong pintar serta mencari jejak. Ciri yang dapat menunjukkan bahwa anak mulai menyukai Belajar Berhitung yaitu:

  • Menunjukan ketertarikan secara spontan pada aktivitas permainan belajar berhitung.
  • Anak mulai bisa menyebut urutan bilangan dengan tanpa pemahaman.
  • Mulai menghitung berbagai benda yang ada di sekelilingnya dengan spontan.
  • Mulai membandingkan benda-benda serta peristiwa di sekitarnya.
  • Mulai menjumlahkan maupaun mengurangi angka serta benda-benda di sekeilingnya tanpa disengaja.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan bagi guru ataupun orang tua:
  • Beri tingkat kesulitan lebih tinggi.
  • Jika anak mulai menunjukan tingkah laku yang jenuh, acuh tak acuh, diam, atau mengalihkan perhatiannya pada hal lain, ini menunjukan bahwa adanya masalah pada anak. Hal tersebut berarti, anak perlu perhatian maupun perlakuan yang khusus.

Salah satu contoh permainan belajar berhitung adalah bermain tepuk tangan. Indikatornya bertepuk tangan dengan tiga pola. Tujuannya agar anak bisa bertepuk tangan dengan tiga pola dengan berurutan serta anak mampu untuk membuat pola tepuk tangan yang tersendiri. 

Permainan ini hanya memerlukan 2 belah tangan anak. Caranya yaitu kita mengajak anak untuk melakukan 2 pola tepuk tangan yaitu tepuk tangan didepan dada satu kali, kemudian disamping telinga kiri satu kali, dan disamping telinga kanan satu kali. Demikian pula seterusnya hingga beberapa kali. Kemudian anak diberi kesempatan menciptakan 3 pola dengan bentuk lainnya,

Demikianlah ulasna tentang Belajar Berhitung untuk anak PAUD. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi para orangtua maupun guru dalam memberi pengajaran anak dlaam berhitung. Selamat mencoba.