Rabu, 11 Januari 2017

Betapa Pentingnya Pendidikan Anak Dalam Keluarga

Filled under:

Pentingnya Pendidikan Anak Dalam Keluarga Menurut Parentingclub

Betapa Pentingnya Pendidikan Anak Dalam Keluarga

Pendidikan anak dalam keluarga itu memang penting untuk dilakukan agar kelak anak-anak semakin cerdas dan bisa meraih kesuksesan dimasa depan. Bahkan pemerintah Indonesia sendiri juga mecanangkan program wajib untuk menempuh pendidikan minimal sampai 9 tahun. Selain itu, pihak pemerintah Indonesia juga menyediakan sumber dana yang sangat besar dari APBN demi memberikan support terhadap program pendidikan anak-anak Indonesia. Inilah alasan mengapa pendidikan itu penting untuk diperjuangkan demi kemajuan pribadi dan bangsa Indonesia. Banyak para ahli bidang pendidikan memaparkan definisi pendidikan diantaranya yakni Ahmad Marimba yang menyatakan pendidikan adalah proses bimbingan secara langsung dan secara sadar disampaikan oleh pendidik untuk menunjang proses perkembangan jasmani maupun rohani anak dengan tujuan memberntuk kepribadian yang berkualitas unggul.

Kepribadian unggul memiliki arti yang begitu dalam yakni pribadi yang tak hanya cerdas secara akademis tetapi juga cerdas secara karakter. Sementara Langeveld berpendapat tentang arti pendidikan anak dalam keluarga bahwa pendidikan adalah suatu proses atau kegiatan yang dilakukan manusia dewasa untuk membimbing manusia yang belum cukup dewasa menuju arah yang lebih dewasa. Bimbingan tersebut diartikan sebagai pemberi pemahaman dan pengetahuan terhadap anak-anak tentang bagaiamana cara dia harus menyelesaikan tanggungjawab ataupun tugas-tugasnya dengan baik, saling menghormati, mengajarkan kemandirian dan mengajarkan pembelajaran lainnya. Dari pengertian ini bisa disimpulkan bahwa pendidikan tidak hanya berorientasi terhadap pendidikan formal aja, tapi juga pengaruh pendidikan keluarga maupun lingkungan sekitar yang telah terbentuk sebagai penunjang rutinitas belajar secara sadar dan mandiri yang biasanya disebut pendidikan informal.

Pendidikan informal adalah pendidikan yang telah didapatkan seseorang dari pendidikan yang sifatnya tak resmi seperti pendidikan di lembaga sekolah, pendidikan alam dan sebagainya. Pada UU No.20 tahun 2003 pasal 116 dinyatakan bahwa pendidikan informal sangat baik dilakukan dari pihak keluarga. Pendidikan anak dalam keluarga sangatlah vital karena berpengaruh dalam pembentukan perilaku anak, watak dan akhlaq. Nah, bila Bunda ingin si buah hati dalam menjalani pendidikan formal maupun informal berpikir secara cerdas maka tak ada salahnya Bunda memberikan susu S-26 Promise dari Wyeth yang memiliki kandungan karbohidrat, vitamin B, kalsium dan protein yang tinggi.