Selasa, 20 Desember 2016

Cara Merawat Pakaian Berbahan Beludru

Filled under:

Cara Merawat Pakaian Berbahan Beludru

Cara Merawat Pakaian Berbahan Beludru

Ada banyak jenis bahan yang dipakai untuk membuat pakaian. Salah satunya adalah bahan beludru. Bahan beludru adalah bahan yang lebih berat dibandingkan bahan kain biasa dan permukaannya sediit berbulu. Cara merawat pakaian dengan bahan beludru pun berbeda dengan pakaian yang menggunakan kain biasa. Bila merawat pakaian dengan bahan beludru tidak tepat, maka pakaian akan cepat rusak dan permukaan kain menjadi tidak enak dipandang seperti berubah menjadi kasar. Pakaian dengan bahan beludru sendiri biasanya bisa berupa gaun atau juga rompi. Bukan hanya pakaian, tetapi sepatu atau tas juga banyak yang memakai bahan beludru karena memberi kesan lebih formal dan mahal. Lalu bagaimana cara merawatnya?

Yang harus diperhatikan dalam cara merawat pakaian atau benda lain yang memakai bahan beludru adalah untuk tidak memakai terlalu sering. Menghilangkan kotoran dan noda untuk bahan dengan jenis ini tidak semudah menghilangkan noda dan kotoran di bahan kain biasa. Untuk itu perhatikan kebersihannya. Bila terkena noda atau kotoran, atau juga sudah waktunya dicuci, ikuti proses mencuci yang tepat. Sementara bila memang tidak kotor, rawatlah dengan cara menyemprotkan pakaian atau barang berbahan beludru dengan cairan pengharum pakaian saja, lalu gantung pakaian. Untuk proses mencuci yang tepat perhatikan caranya di bawah ini.

1. Bila usia pakaian atau benda yang berbahan beludru cukup tua, hindari mencuci dengan proses dry clean karena dapat merusak pakaian. Cukup cuci dengan deterjen dan sikat memakai sikat yang halus. Jika terdapat noda, sikat noda dengan sikat gigi hingga noda hilang.

2. Cara merawat pakaian yang berbahan beludru berikutnya ialah hindari mencuci dengan mesin. Mesin cuci hanya akan merusak penapilan pakaian dengan bahan beludru seperti merontokan bulu-bulunya. Memang paling tepat bila ingin mencuci sendiri ialah dengan cuci memakai tangan saja. Tetapi bila tidak ingin repot bisa bawa ke ke tempat dry clean (perhatikan usia kain) atau laundy.

3. Untuk mencuci dengan tangan, pilih deterjen yang tidak keras atau deterjen dalam bentuk cair. Rendam sebentar saja, kemudian sikat pelan-pelan ke arah luar. Bilas tanpa melakukan perasan, kemudian keringkan. Hindari menjemur di bawah terik matahari langsung.

4. Untuk membuat kain tidak lecek, jemur atau keringkan dengan membentang. Hindari proses setrika karena dapat merusak bulu-bulu pada kain beludru. Bila kain pakaian dengan kain beludru lecek, setrika dengan menaruh selembar kain di atasnya untuk menghindari bulu kain beludru rontok.

Membutuhkan deterjen yang halus dan dapat menghilangkan noda secara maksimal? Gunakanlah deterjen dari Rinso yang mampu menghilangkan noda dengan cepat dan memiliki aroma yang segar. Itu dia cara merawat pakaian dengan bahan beludru.