Selasa, 15 November 2016

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Filled under: ,



Memiliki anak merupakan salah satu anugerah serta karunia yang Tuhan berikan. Di mana sebagai orang tua baik ayah maupun ibu, anda harus mampu memberikan yang terbaik bagi si kecil. Mulai dari perlakuan, makanan, kasih sayang, penghidupan dan lain sebagainya. Sehingga si kecil dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang berakhlak, berguna bagi keluarga, bangsa dan agama. Berbicara mengenai tumbuh kembang anak, bahwasannya pertumbuhan ialah suatu proses yang ditandai dengan adanya pertambahan jumlah sel, kemudian terjadinya pertambahan ukuran pada setiap organ tubuh, dan lainnya. Seperti tinggi badan, berat badan, lingkar dada dan lain sebagainya. Adapun perkembangan ialah bertambah matangnya kemampuan atau fungsi dari setiap organ yang mengalami pertumbuhan tersebut. Sering kali kita jumpai anak-anak yang telah berusia di atas 5  tahun namun mengalami keterlambatan dalam berjalan misalnya. Hal tersebut tentunya ada faktor yang melatar belakanginya.
Penting untuk diketahui bahwasannya ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses tumbuh kembang anak. faktor tersebut secara umum dibagi ke dalam dua jenis. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak rangkuman di bawah ini :
  1. Faktor  gen
Merupakan faktor dasar, yang diperoleh dari pewarisan ibu ataupun ayah. Dengan kata lain, kualitas sel telur dan sperma akan memberikan pengaruh bahkan diturunkan kepada sang buah hati. Salah satu penyakit atau gangguan yang dibawa sejak lahir dan terjadi kepada sebagian kecil anak-anak ialah down sindrom.
  1. Lingkungan
Untuk lingkungan sendiri, terbagi lagi ke dalam beberapa jenis diantaranya :

  • Pre natal, yakni asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu semasa hamil, kemudian kebiasaan baik atau buruk ibu, imunitas, infeksi dan lainnya.
  • Post natal, di mana di dalamnya terdapat aspek biologis seperti jenis kelamin, penyakit, bahkan ras. Yang kedua ditinjau dari aspek fisik, yang termasuk di dalamnya ialah cuaca lingkungan, kondisi rumah. Selanjutnya faktor spikososial yang tak kalah berpengaruhnya terhadap tumbuh kembang anak, mulai dari pemberian stimulasi atau rangsangan, keluarga, interaksi dalam keluarga terutama dengan orang tua. Dan terakhir budaya.