Senin, 30 Oktober 2017

Beberapa Permainan Yang Dapat Melatih Motorik Anak

Filled under:


Dunia anak adalah bermain, maka tidak ada salahnya jika kita memanfaatkan media bermain tersebut untuk merangsang kecerdasan anak, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Untuk melihat kemampuan motorik anak, dapat kita lihat dari bagaimana dia bisa menguasai aktivitasnya atau permainannya. Karena dunia anak tidak terlepas dari bermain, maka anda bisa melatih dan merangsang kecerdasan anak melalui bermain. Ada dua jenis motorik pada anak yang harus dilatih, yaitu motorik kasar dan motorik halus. 

Motorik kasar yaitu bagaimana anak bisa menyeimbangkan tubuhnya ketika bergerak, berdiri, berjalan dan lain sebagainya. sedangkan motorik halus nerupakan kemampuan anak melalui gerakan otot tangan dan jarinya seperti menulis, merobek, meremas dan lain sebagainya. untuk melatih motorik halus anak, dapat kita lakukan melalui sarana permainan, seperti:

Merangkai puzzle
Latih anak anda untuk merangkai dan menyusun kembali potongan puzzle yang telah diacak sebelumnya menjadi sebuah gambar yang utuh. Berikan puzzle dengan tingkat kesulitan dan jumlah potongan yang sesuai dengan usia anak anda. permainan ini dapat melatih ketelitian, kecermatan dan konsentrasi anak dalam menyusun setiap potongan puzzle pada tempatnya.

Menyusun lego
Lego merupakan salah satu jenis permainan yang dapat melatih kreativitas, konsentrasi dan kecerdasan anak. Tidak hanya mengandalkan otot tangan saja untuk menyusun balok, tetapi dalam permainan ini anak juga dirangsang untuk bisa berimajinasi dan mengekspresikannya lewat balok-balok tersebut.

Lempar tangkap bola
Permainan ini terkesan sangat sederhana, karena cara bermainnya yang mudah. Caranya dengan anda dan anak saling berhadapan namun tetap beri sedikit jarak. Untuk menyeimbangkan lemparan bola, anda bisa duduk sedangkan anak berdiri. Kemudian lemparkan bola dan minta anak untuk menangkapnya dan sebaliknya. Permainan ini dapat melatih kecepatan tangan anak, membuat anak lebih aktif dan berkonsentrasi. Pilihlah bola yang aman untuk anak, seperti bola karet, atau plastik yang ringan.

Itulah beberapa permainan yang bisa dilakukaan untuk melatih motorik anak. Selain itu kegiatan bermain bersama anak, juga dapat menjalin kedekatan antara anak dan orangtua sehingga anak merasa diperhatikan. Selain itu berilah nutrisi yang tepat dengan memberinya susu Dancow yang mengandung gizi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.