Senin, 20 Februari 2017

Tumbuh Kembang Anak yang Normal Saat Usia 2 Tahun

Filled under:


Tumbuh kembang anak memang berbeda antara satu dengan yang lain. Saat anak berusia 2 tahun, otaknya sudah membentuk koneksi saraf-saraf baru dalam jumlah yang tidak terhitung. Hal ini akan membantunya untuk memahami seperti apa dan bagaimana. Anak yang berusia 2 tahun akan dapat memahami beberapa konsep. Orang tua dapat melihat kemampuan baru di dalam hal pengetahuan keruangan contohnya seperti anak dapat mengikuti dan memahami petunjuk bahkan mengambil bola ke keranjang.

Berikut berbagai macam perkembangan anak di usia 2 tahun secara umum, antara lain:

  1. Perkembangan kognitif dan sensorial. Hal ini mencangkup seperti bisa berbicara dengan cara menggabungkan 2 hingga 3 kata menjadi 50 kata, selain itu kosa kata yang ia miliki juga semakin banyak, 
  2. Untuk pertumbuhan fisik, ia akan memiliki 16 gigi pertama, tubuhnya juga akan lebih kuat dan lebih tinggi, 
  3. Untuk perkembangan keterampilan motorik, ia akan memiliki kemampuan berlari dengan kondisi yang jauh lebih baik, selain itu keseimbangan akan juga akan menjadi lebih baik. Anak Anda akan dapat berdiri sembari mengambil objek, melempar bola dan dapat menendang bola tanpa kehilangan keseimbangan. 
Untuk mendorong tumbuh kembang pada anak, Anda dapat melibatkan anak dalam kegiatan sehari-hari seperti mencuci buah, menyiram, tanaman atau kegiatan lain yang berada di sekeliling rumah, kegiatan yang lainnya seperti membiarkan anak bermain. Anda dapat menyediakan ruangan yang cukup luar untuk dirinya agar ia dapat bermain serta beraktivitas fisik dengan sehat. Ajak anak bermain balok serta membangun menara. Sembari melakukannya, coba hindarkan anak dari kegiatan yang bersifat pasif. Ajari buah hati Anda bagaimana cara untuk melepas dan memakai baju.

Orang tua dianjurkan rutin melakukan beberapa kali pemeriksaan tumbuh kembang di usia 2 hingga 5 tahun. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi apakah terdapat masalah pada perkembangannya. Di pemeriksaan tersebut, dokter akan melakukan pemeriksaan seperti pemeriksaan fisik, berat badan dan tinggi anak, bahkan dokter juga akan memberi suntikan suplemen jika dibutuhkan. Di proses check op tersebut, orang tua bisa berkonsultasi pada dokter terkait dengan kesehatan dan tumbuh kembang anak.

Disamping itu, periksakan ke dokter jika buah hati Anda yang sudah berusia 2 tahun belum dapat berjalan dengan seimbang, tidak dapat mengikuti instruksi yang sederhana atau tidak bisa meniru tindakan atau perkataan, masih belum paham dengan benda yang sangat familiar, belum bisa menggabungkan 2 kata yang sederhana hingga belum memahami apa saja yang dapat dilakukan dengan benda umum di sekitarnya. Selain tumbuh kembang anak, Anda juga harus memberikan perlengkapan yang tepat untuknya. Pilih perlengkapan yang akan benar-benar terjamin kualitasnya, untuk sabun atau perlengkapan kebersihan, Anda dapat memilih Zwitsal.