Selasa, 20 Desember 2016

Mengembangkan Minat dan Bakat Anak

Filled under:


Setiap anak memiliki minat dan bahkan yang dimilikinya, dari bakat yang biasa sampai yang luar biasa. Sahabat parenting Indonesia, minat dan bakat anak akan ditunjukan di awal usianya, biasanya anak akan memiliki hobi tertentu yang akan ia tunjukan. Seperti, membaca buku, menulis, menggambar atau melukis, memasak, bermain motor-motoran, bermain dokter-dokteran, dan sebagainya. Hal itu akan dilihat pada ketika anak menginjak usia di bawah lima tahun yang suka dengan bermain-mainan di rumah. Sebagai orang tua harus peka dan memahami segala hobi anaknya, siapa tahu hobi tersebut merupakan minat dan bakat si kecil yang harus dikembangkan.

Minat dan bakat si kecil merupakan investasi jangka panjang yang harus selalu diperhatikan dan dikembangkan sejak ia anak-anak. Di usia anak-anak seperti itu akan mudah sekali diarahkan dan diberi pengetahuan sesuai bidang hobinya. Jika hobi anak dengan bermain musik, siapa tahu ia akan menjadi seorang musisi terkenal dan berbakat, atau anak hobi dengan melukis, tidak ada salahnya mengarahkan anak untuk ikut kelas melukis atau les dan sebagainya. 

Bakat dan minat anak akan ditunjukan pada usia dini, sehingga orang tua harus memahami karakter si anak dan mengarahkannya dengan baik sesuai yang diminatinya. Jangan mengarahkan anak yang tidak sesuai dengan hobi dan minatnya, hal tersebut akan membuat repot bagi orang tua maupun bagi si kecil. Biarkan anak bereksplorasi dengan minat dan bakatnya sendiri agar ia dapat memahami keinginannya. Keinginan si anak jangan dipaksakan, namun membimbingnya dan mengarahkan sesuai dengan passionnya. Berawal dari minat dan bakat anak siapa tahu akan menjadi cita-cita besar bagi masa depannya. Selain itu juga, orang tua harus mendukung penuh cita-cita anaknya selama itu positif, berikan perhatian khusus dari kebutuhannya, minat dan bakatnya, serta berikan nutrisi yang cukup bagi anak.

Nutrisi yang baik adalah dengan memberikan makanan yang bergizi, pola hidup sehat, belajar dengan baik, dan jangan biarkan anak untuk memendam keinginannya. Parenting Indonesia, anak merupakan aset berharga bagi kehidupan keluarga, anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus dijaga dan diperhatikan dengan baik.