Kamis, 03 November 2016

Manfaat Tidur Siang Bagi Pertumbuhan Anak

Filled under: ,



Meskipun terkesan tidak penting, tertanya tidur siang bagi anak/bayi/balita memiliki manfaat sangat baik bagi tumbuh kembangnya. Saat bayi dan balita mulai aktif bergerak, seperti merangkak ataupun berjalan mereka akan susah diminta untuk tidur siang. Padahal, menurut berbagai penelitian bahwa manfaat tidur siang bagi bayi atau balita memiliki banyak manfaatbaik untuk tumbuh kembang mereka. Untuk mengetahui manfaat tersebut, maka kita akan bahas di bawah ini:
  1. Merangsang Pertumbuhan tubuhYaitu untuk merangsang pertumbuhna tubuh. Penelitan yang pernah dilakukan oleh Medical School Harvard University menunjukan bahwa anak yang rutin tidur siang memiliki pertumbuhan tubuh yang lebih optimal dibandingkan dengan anak yang tidak mau tidur siang. Hal ini dikarenakan oleh hormon ptertumbuhan lebih aktif mengalir dalam dara saat anak tidur siang.
     2.   Lebih Bahagia yaitu akan merasakan lebih bahagia.
Untuk balita di bawah umur 2 tahun yang tidak tirud siang atau waktu tidur siangnya kurang, ternyata lebih cenderung akan mengalami stress dan tidak bahagia. Akbiatnya, saat dewasa kelak mereka cenderung akan bersiko mengalami kesehatan mental. Ini akan dapat terjadi karena anak kekurangan waktu tidur, mereka cenderung rewel, merasa lebih cemas, dan tidak tertarik akan hal di sekelilingnya. Itulah mengapa, pastikan mereka untuk tidur siang agar terhindar dari perasaan stress dan cemas.
     3.   Tingkat Kemampuan Memproses Informasi
Pada bayi di atas 1 tahun, tidur siang dapat membantu mereka meningkatkan kemampuan dalam memproses informasi juga dapat mengaplikasikan pengetahuannya. Itulah fakta yang ditemukan oleh penelitian yang di tegaskan di University of Arizona. Saat anak merasa cukup tidur di siang hari, mereka tidak mudah merasa kelelahan sehingga dapat secara optimal menerima, memproses, dan mengaplikasikan informasi yang diterimanya sehari-hari.

Itulah manfaat tidur siang yang perlu anda ketahui. Jika anda mempunya bayi atau balita, maka disarnkan agar tidur siang. Karena telah kita ketahui manfaatnya di atas. Untuk lebih baik lagi, maka di sarankan agar memberikannya terlebih dahulu dengan susu, susu yang terbaik adalah dari susu Dancow.