Senin, 24 Oktober 2016

Tips Dalam Mengatasi Susah Buang Air Besar Anak

Filled under:


Buang air besar atau BAB, merupakan kegiatan di mana terjadinya pembuangan kotoran yang berupa hampas dari sisa-sisa makanan yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh. Normal buang air besar terkadang pada tiap individu berbeda, ada yang dua kali dalam sehari, atau bahkan hanya satu kali, pun ada pula yang buang air besar hanya satu kali dalam dua hari. 

Dan dikatakan tidak normal apabila frekuensi buang air besar dalam satu minggu kurang dari tiga kali. Apabila hal ini terjadi pada si kecil, sebaiknya anda segera konsultasikan kepada dokter. Hal ini untuk menghindari munculnya gangguan kesehatan lainnya. Adapun penyebab susah BAB pada anak biasanya disebabkan karena pola makan yang kurang baik, dan pemberian asupan makanan tambahan yang kurang tepat.

Sebelum terjadi susah bab pada si kecil, sebaiknya anda cegah dengan cara-cara yang mudah untuk anda terapkan kepada mereka. Susah buang air besar nampaknya bukan masalah yang besar, namun sering kali masalah kesehatan yang satu ini membuat para orang tua merasa cemas dan khawatir. Dalam menghadapi masalah sulit buang air besar, berikut di bawah ini kami hadirkan beberapa tips yang ampuah dalam mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Terapkan pola makan yang teratur pada si kecil, dan berikan asupan makanan yang tinggi serat. Mulai dari jenis sayuran ataupun kacang-kacangan hingga buah-buahan. Kandungan serat yang tinggi dapat membantu pencernaan si kecil dalam mencerna makanan.

Ajarkan kepada si kecil untuk mengkonsumsi air mineral atau air putih yang cukup setiap harinya. Karena air sebagai zat penting, yang juga berperan dalam proses pencernaan makanan dan pembuangan kotoran.

Apabila si kecil masih menyusu, sebaiknya anda sebagai seorang ibu harus mencukupi kebutuhan gizi dan serat.

Apabila konstipasi yang dialaminya cukup parah, cobalah untuk memberikan larutan tepung sagu, gula merah dan sedikit garam pada segelas air hangat bagi si kecil.