Jumat, 09 September 2016

Kenali Faktor Penyebab Ketombe

Filled under:


Ketombe adalah kulit mati yang menumpuk terlalu banyak pada kulit kepala. Ketombe timbul karena tubuh kekurangan mineral seng. Ketombe mempengaruhi separuh dari populasi dunia pada titik tertentu. Jadi ketombe sangatlah umum dan sangat wajar. Meskipun begitu, memiliki kulit kepala yang berketombe pastilah sangat mengganggu karena kulit kepala terasa gatal dan membuat kita senantiasa ingin menggaruk-garuknya. Bagi seorang wanita, kondisi ini sangat memalukan dilakukan di tempat umum. Karena itu, kenalilah faktor penyebab ketombe agar anda bisa mengatasinya dengan cara yang tepat.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan ketombe muncul di kulit kepala :

Kondisi kulit
Kondisi kulit kepala setiap orang berbeda-beda. Resiko dan cara mengatasinya pun berbeda pula. Karena itulah, konsultasikan dengan dokter yang ahli dibidangnya. Kenali jenis kulit kepala anda lalu diskusikan mengenai penanganan yang tepat untuk kondisi rambut anda.

Mengikat rambut saat rambut masih dalam kondisi basah
Rambut yang masih lembab dan berkeringat bisa memicu ketombe. Selain membuat kulit kepala menjadi berketombe, mengikat rambut yang masih basah juga dapat menyebabkan permasalahan rambut yang lainnya seperti rambut rontok.



Kepanasan
Penggunaan hair dryer, memakai helm, topi, memakai kerudung dengan bahan yang panas dan sering terkena sinar matahari secara langsung akan membuat sel kulit kepala cepat mati dan akan terkelupas, sehinga berakhir menjadi ketombe. Jangan terlalu sering memiliki kebiasaan diatas. Apabila anda wanita berhijab, jangan memakai kerudung saat rambut masih dalam keadaan basah dan gunakan kerudung dengan bahan yang lebih nyaman.

Sisa shampo
Pembilasan yang tidak benar-benar bersih saat keramas, akan mengakibatkan tertinggalnya sisa shampo di kulit kepala anda. Sisa shampo tersebut bisa menyebabkan munculnya ketombe.

Stres
Stres dan depresi terlalu lama dapat menyebabkan banyak sekali masalah yang datang menyerang rambut anda. Seperti uban, rambut rontok dan ketombe. Sebaiknya, jangan terlalu serius dan berlebihan dalam menyikapi suatu permasalahan dan apabila anda tidak sanggup datang ke psikolog.

Setelah anda tahu faktor-faktor penyebab ketombe, jaga kesehatan kulit kepala anda. Konsumsi makanan penuh zat besi dan vitamin B sangat dianjurkan dan gunakan shampo Clear untuk keramas. Clear sebagai shampo anti ketombe terbaik melahirkan inovasi produk yang bisa merawat sekaligus mencegah ketombe datang kembali.