Kamis, 18 Agustus 2016

Fisioterapi dengan Ultrasound

Filled under:

Dalam menjalani fisioterapi, alat bantu memang cukup diperlukan guna mengoptimalkan hasil yang lebih baik dari metode penyembuhan dengan fisioterapi. Alat fisioterapi yang bisa dikatalkan sudah sangat terkenal lantaran memang banyak digunakan dalam metode penyembuhan fisioterapi adalah Ultrasound. Alat yang satu ini merupakan modalitas fisioterapi yang dalam pemanfaatannya sendiri ialah memakai gelombang suara dengan frekuensi yang besar. Gelombang suara ini kemudian dialirkan pada sekitar jaringan tubuh dan juga pembuluh darah yang juga kemudian menembus ke otot serta menjadikan otot pun hangat. Hangatnya otot ini akan membuat lebih relaks. Maka dari itulah gelombang ultrasound sangat tepat dipakai guna perawatan metode fisioterapi untuk memlihkan fungsi otot yang sudah mengalami ketegangan ataupun kekakuan. Efek dari pemanasan ini pun memberikan pengaruh juga pada pelebaran pembuluh darah serta mengoptimalkan sirkulasi darah. Ini jelasnya akan membantu proses pemulihan. 


Keberhasilan pemakaian ultrasound sebagai alat fisioterapi sendiri bergantung pada kemampuan guna merangsang jaringan yang ada di bawah kulit dengan memakai gelombang suara yang tinggi. Tinggi dari gelombang suaranya adalah mulai dari 800.000 Hz sampai dengan 2.000.000 Hz. Pertama kali efek penyembuhan dengan menggunakan alat ultrasound ini ditemukan pada sekitar tahun 1940an. Pada mulanya fisioterapi menggunakan ultrasound cuman dipakai oleh fisioterapis fisik serta okupasi. Akan tetapi sekarang ini pemakaian ultrasound sebagai alat untuk fisioterapi sudah menjalar ke berbagai cabang ilmu kesehatan.

Alat fisioterapi yang satu ini sekarang sendiri lebih banyak dipakai pada pengobatan cedera muskuloskeletal. Gangguan kesehatan yang bisa disembuhkan atau diringankan dengan ultrasound antara lain adalah otot yang tegang, peradangan tendon, nyeri di bagian punggung, iritasi sendi, jaringan luka, menghancurkan batu di saluran kemih, dan masih banyak yang launnya. Nah, dalam pelaksanaan fisioterapi sendiri jauh lebih baik melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli fisioterapis. Konsultasi sendiri sekarang ini bisa dilakukan secara online via Konsula.com ataupun aplikasinya. Dengan berkonsultasi di Konsula, kemudahan berkonsultasi pun bisa anda dapatkan hanya dengan duduk santai dirumah saja dan mengoperasikan gadget. Jadi memang konsultasi kesehatan tidak selalu dilakukan dengan cara bertemu dokter lansung.