Senin, 29 Agustus 2016

Inilah Faktor Dari Penyebab Bayi Lahir Prematur

Filled under: ,

ibu lahir bayi prematur

Prematur merupakan kelahiran pada bayi yang belum siap keluar dari rahim ibunya. Hal ini tentu tidak diinginkan oleh para ibu namun memang bayi terlahir karena dari beberapa faktor yang terjadi pada ibunya sendiri. Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab bayi lahir prematur, faktor-faktor ini berperan dalam memicu kontraksi pada rahim dan membuat leher rahim melebar dan bayi siap untuk keluar dari kandungan ibu sebelum waktunya. Faktor – faktor tersebut adalah sebagai berikut :

Fisik Ibu Tidak Sehat.

Kondisi ibu hamil yang tidak sehat bisa berpengaruh terhadap kondisi janin. Misalnya ibu yang hamil mengalami eklampsi atau hamil yang disertai dengan kejang – kejang serta hipertensi yang tinggi, kondisi ini bisa menyebabkan bayi yang dilahirkan prematur. Selain itu, ibu hamil yang menderita diabetes juga memilki potensi untuk melahirkan secara prematur.

Merokok

Bagi ibu hamil sebaiknya menghentikan kebiasaan buruknya, seperti merokok atau mengonsumsi minuman – minuman keras karena bisa berakibat buruk pada janin dan bisa berakibat bayi lahir sebelum pada waktunya. (sumber lengkap http://www.tipsmedia.net/2016/08/penyebab-bayi-lahir-prematur.html)

Riwayat Kehamilan

Ibu yang hamil dan pernah mengalami kehamilan prematur sebelumnya rentan untuk melahirkan secara prematur kembali. Selain itu ada juga riwayat kehamilan lain yang beresiko bayi lahir prematur seperti wanita yang pernah aborsi, keguguran, kehamilan ektopik (kehamilan diluar kandungan), dan hamil anggur.

Kesehatan dan Kondisi Janin

Kesehatan dan kondisi janin juga bisa berakibat bayi lahir sebelum waktunya. Misal janin yang kekurangan gizi atau bayi terkena infeksi didalam kandungan bisa menyebabkan bayi tidak sehat didalam kandungan.

Psikologi

Psikis ibu hamil juga menjadi salah satu faktornya. Misalnya ibu yang sedang hamil mengalami cemas, stress, depresi dan khawatir berlebihan.

Usia

Usia ibu hamil yang dibawah 20 tahun juga bisa membuat bayi lahir prematur. Hal itu terjadi karena wanita yang berusia dibawah 20 tahun rahimnya belum siap untuk menerima kehamilan.

Untuk itu ibu harus menghindari beberapa penyebab bayi lahir prematur diatas supaya bayi ibu tidak mengalami lahir prematur dan tetap sehat. (Baca juga penyebab bayi terlahir prematur menurut lactamil.co.id). Tetapi jangan lupa untuk tetap memenuhi asupan nutrisi bayi dengan mengonsumsi LCT Lactamil. LCT Lactamil akan menjaga ibu dan bayi tetap sehat dengan memenuhi asupan nutrisi dan vitamin ibu.