Rabu, 13 Juli 2016

Pentingnya Memperhatikan Makanan Anak 1 Tahun

Filled under: ,

Di usianya yang 1 tahun anak akan memiliki pertumbuhan yang cukup pesat. Agar pertumbuhannya cukup baik, maka bunda harus mengimbangi asupan makanan anak 1 tahun dengan benar. Berbeda dengan usia sebelumnya yang mana di usia bulanan anak umumnya banyak diberi ASI, tapi di usianya yang 1 tahun asupannya harus teratur yaitu 3 kali sehari. Untuk itu bunda harua benar-benar memikirkan makanan apa yang cocok dikonsumsi. Selain memperhatikan komposisinya, nilai gizinya juga tidak boleh terabaikan. Makanan yang baik dan seimbang tidak hanya berpengaruh pada pertumbuhan tubuh si anak, tapi juga berpengaruh pada perkembangan otaknya.


Kini di usianya yang sekarang bunda bisa mulai memberikan asupan yang juga sering dikonsumsi oleh orang dewasa. Namun makanan anak 1 tahun memang harus dibedakan dalam pengolahannya. Karena mesi jenis makanannya disamakan, tapi dari segi konsumsinya harus yang benar-benar mudah untuk dikunyah, ditelan dan dicerna. Untuk itu cara agar anak bisa mengkonsunsinya yaitu makanan tersebut bisa dipotong kecil-kecil atau dicincang. Ada beberapa makanan yang bisa bunda berikan pada si kecil seperti wortel yang sangat baik untuk kesehatan mata, nasi merah yang memiliki bahyak energi karena nasi jenis ini memiliki kandungan karbohidrat kompleh sehingga tidak mudah diserap oleh tubuh ditambah lagi dengan kandungan vitamin B, protein dan mineral, umi sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengandung vitamin A dan C, ikan kaya akan protein yang baik untuk pertumbuhan tubuh dan otaknya, dan tomat yang mempunya kandungan vitamin cukup bahyak.

Meski makanan anak 1 tahun banyak macamnya, tapi bunda juga masih bisa memberikannya susu. Kalsium yang ada di dalam susu sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tulangnya. Untuk mempertmudah, sebaiknya belilah susu kemasan yang kandungan nutrisinya lengkap seperti dancow. Alangkah lebih baiknya bunda memberikan makanan yang bervariasi setiap jam waktu makan. Makanan yang bervariasi sangat baik diberikan pada buah hati, karena kandungan nutrisi yang dibutuhkan anak akan terpenuhi. Dengan begitu sang buah hati akan tubuh dengan baik di masa pertumbuhannya.