Senin, 01 Februari 2016

Tips Stimulasi Bayi yang Tepat Untuk Pertumbuhan si Kecil

Filled under:

Menikah adalah goal setiap orang di dunia ini, dan memiliki anak bisa dikatakan sebagai puncak kebahagiaan. Tetapi, ada banyak orang yang belum siap untuk memiliki anak dan karena belum memiliki pengalaman dan ilmu dalam merawat bayi. Anda harus tahu cara stimulasi bayi yang tepat jika anda berencana atau sudah memiliki anak, karena stimulus tersebut sangat mempengaruhi tumbuh kembang bayi dimasa datang. Anda tidak boleh menganggap remeh tentang pertumbuhan bayi anda karena beresiko besar di masa yang akan datang. Stimulus tersebut bisa merupakan hal-hal kecil yang sangat vital manfaatnya terhadap otak dan perkembangan bayi anda, stimulus apa sajakah itu?

stimulasi bayi


• Ajak dia bicara agar dia terbiasa untuk berlatih mengucapkan kalimat-kalimat dasar. Pernahkan anda melihat anak yang belum lancar berbicara dan mengeja di usia balita? Hal tersebut merupakan dampak dari kurangnya aktivitas berbicara.
• Biasakan untuk mengangkat benda sendiri demi melatih kekuatan kedua tangannya. Jangan takut benda tersebut jatuh atau menimpa anak anda, karena dapat membuat manja sang buah hati.
• Ajari untuk merangkak lalu berdiri, hal tersebut demi melatih kedua otot kakinya agar lebih terbiasa dan mampu menopang dirinya sendiri.
•  Kenalkan dengan anggota keluarga. Pernahkah anda melihat bayi orang menangis ketika digendong dengan orang yang tidak dia kenal? Hal itu menunjukkan kemajuan karena dia sudah mampu mengenali siapa yang dikenalinya.
• Lepaskan dot atau empeng adalah stimulasi bayi yang terakhir, karena benda tersebut dapat menghambat pertumbuhan gigi dan rahang bayi dan menjadikannya ketergantungan terhadap benda yang menyerupai puting Ibu tersebut.

Banyak sekali orang yang belum siap untuk merawat dan membesarkan anak, hal tersebut tergambarkan dari sedikitnya orang yang mengetahui stimulasi bayi yang tepat. Tetapi jangan khawatir, anda dapat melihat situs Zwitsal sebagai referensi dalam mengurus dan merawat bayi karena di situs tersebut banyak sekali artikel yang berhubungan dengan perawatan bayi. Rawatlah bayi anda karena merupakan titipan dari Tuhan, selain itu jika bayi riang, Ibu pasti senang.