Rabu, 17 Februari 2016

Mengenal Laut Lebih Dalam Di Ilmu Dan Teknologi Kelautan IPB

Filled under:


Sebagai negara maritim, adalah suatu hal yang sangat disayangkan jika ternyata tak banyak orang Indonesia yang memahami lautan, baik dari segi pengolahan maupun dari tentang lautan itu sendiri. Ada banyak fenomena menarik di lautan yang perlu diteliti dan juga dipahami, dan inilah alasan kenapa Anda sebaiknya memilih Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan yang ada di IPB (Institut Pertanian Bogor).

Ada banyak hal yang akan diajarkan di bidang Ilmu dan Teknologi Kelautan di Institut Pertanian Bogor ini, berikut adalah beberapa di antaranya :

1. Hidrobiologi Laut
Belajar tentang biota laut dan bagaimana interaksi dengan lingkungannya mampu membentuk sebuah ekosistem di dalamnya. laboratorium-laboratorium di dalamnya termasuk Biologi Laut, Biodiversitas dan Biosistematika Kelautan, Selam Ilmiah, dll. Mahasiswa akan banyak menyelam dan melakukan perjalanan ke laut.

2. Oseanografi
Belajar tentang dinamika samudera, arus gelombang, geologi dasar laut, bahan kimia di laut, dll. Laboratorium di dalamnya adalah Oseanografi Fisika, Oseanografi Bio-Geologi, dan Data Processing.

3. Akustik Instrumentasi Dan Robotika Kelautan
Mempelajari programming, tentang alat elektronika, membuat GUI, dan mempelajari segala instrumen teknologi untuk kelautan seperti Remotely Operated Vehicle.

4. Pengindraan Jauh Dan SIG
Memproses dan menganalisa foto-foto dari satelit, seperti menganalisa suhu di permukaan laut dan juga proses kimiawi pada penghuni laut, dan melakukan pemetaan.

Mahasiswa yang lulus dari sini pun memiliki prospek masa depan yang cukup cerah. Selepas dari sini, Anda bisa :
  • Bekerja di sektor swasta, seperti di budidaya laut, konsultan untuk teknik pantai, kelautan, maupun lingkungan pesisir.
  • Menjadi Pegawai Negeri Sipil di bermacam-macam departemen yang berhubungan dengan kelautan, seperti Dinas Kelautan dan Perikanan, BMKG, di Badan Informasi Geospasial, dll.
  • Menjadi pengajar dan juga akademisi di bidang kelautan, peneliti, menjadi staf ahli, dan lain-lain.


Mengenali laut lebih dalam lagi adalah tujuan dari Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan di IPB (Institut Pertanian Bogor). Anda yang mempunyai ketertarikan besar dengan dunia bawah laut, ingin tahu bagaimana terjadinya fenomena alam yang berhubungan dengannya, atau memang senang dengan teknologi, Anda bisa mempertimbangkan jurusan ini ketika kuliah nantinya.