Kamis, 04 Februari 2016

Lakukan Tips Ini untuk Hindari Hepatitis A

Filled under:

Pada bulan Desember tahun 2015, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan banyaknya mahasiswa dari IPB (Institut Pertanian Bogor) yang terjangkit Hepatitis A. Tidak hanya 1 melainkan jumlahnya mencapai 28 orang mahasiswa. Berdasarkan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor yang telah melakukan pengambilan sample di kawasan kampus tersebut, salah satu penyebabnya adalah kebersihan yang tidak dijaga oleh para mahasiswa.

Terkadang karena kesibukan yang dimiliki oleh mahasiswa misalnya karena kegiatan kampus ataupun karena tugas akhir membuat sebagian mahasiswa makan makanan tanpa memperhatikan kebersihan dari makanan yang dikonsumsi. Hal tersebut membuat para mahasiswa menjadi lebih rentan terserang penyakit. Namun untuk mencegah penularan penyakit hepatitis A terutama di daerah kampus Institut Pertanian Bogor sehingga penyakit tersebut tidak semakin menyebar, menurut dr. Kusnadi, cuci tangan sebelum makan merupakan pencegahan yang dapat dilakukan.

Dr. Kusnadi juga mengingatkan agar mahasiswa selalu mengkonsumsi baik makanan ataupun minuman yang matang. Akan tetapi, tidak berarti makanan yang matang tersebut sudah bersih dari kuman walaupun kuman mati dalam suhu 85oC seperti di bakso panas, karena kebersihan peralatan makanan juga harus dijaga dengan baik. Misalnya, ketika mencuci peralatan tidak hanya dicelupkan ke dalam air dan dilap dengan kain namun juga dicuci hingga bersih.

Menurut dr. Kusnadi, terdapat cara untuk mengindentifikasikan apakah rumah makan tersebut bersih atau tidak. Caranya adalah ketika Anda hendak makan di salah satu tempat makan tersebut, Anda dapat pergi ke kamar mandinya terlebih dahulu. Akan tetapi, Anda ke kamar mandi tidak bertujuan untuk buang air melainkan untuk melihat keadaan dapur dari rumah makan tersebut. Anda dapat melihat sendiri apakah dapur dalam keadaan bersih atau tidak. sedangkan menurut Didik yang merupakan bagian dari Dinas kesehatan kabupaten Bogor bagian Kesehatan Lingkungan menyarankan agar mahasiswa menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Kaporisasi air sumur juga dapat dilakukan serta menggunakan disinfektan di asrama dan kantin sehingga penyebaran virus Hepatitis A tidak menyerang dan kejadian banyaknya mahasiswa dari IPB (Institut Pertanian Bogor) tidak terulang kembali.