Senin, 15 Februari 2016

Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan dengan Bahan Alami

Filled under:

Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan dengan Bahan Alami - Ikan adalah salah satu bahan makanan yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Umumnya ikan yang dikonsumsi adalah ikan laut dan ikan air tawar. Beberapa contohnya antara lain ikan gurame, ikan salmon dan masih banyak lagi yang lainnya. Ikan gemar dikonsumsi karena beberapa alasan. Misalnya karena rasanya yang nikmat dan proteinnya yang tinggi. Akan tetapi di sisi lain cara memasak ikan yang tidak tepat sering kali meninggalkan bau amis yang menyengat. Tentu aroma tersebut mengganggu sekali bukan? Untuk itulah lebih baik Anda mengetahui dahulu cara menghilangkan bau amis pada ikan secara singkat dan tepat.


Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan dengan Bahan Alami


Ada beberapa cara alami yang umumnya sering digunakan untuk mengusir bau amis ikan. Antara lain:

  • Merendamnya ke dalam air cuka dapur.
  • Memberikan air perasan jeruk nipis dan taburan garam dapur juga merupakan solusi terbaik.
  • Melumuri dengan parutan jahe dan parutan bawang putih.
  • Merendamnya dengan air larutan asam jawa. Tetapi larutan asam jawa ini harus kental agar aroma amis cepat hilang.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan aroma amis yang ada pada ikan. Namun perlu diketahui, sebelum menggunakan beberapa cara tersebut pastikan Anda sudah membuang seluruh isi insang dan kotorannya. Karena kotoran tersebut bisa membuat rasa ikan menjadi pahit saat dimasak.

Sebelum mengaplikasikan tips menyingkirkan bau amis ikan diatas, sebaiknya cuci ikan dahulu hingga bersih. Cara mencucinya juga tak boleh sembarangan. Gunakan sabun anti bakteri untuk mencuci dan menghilangkan bakteri yang menempel pada ikan. Selain mengurangi aroma amis pada ikan, penggunaan sabun anti bakteri juga bisa melindungi ikan dari bakteri yang menyebabkan cepatnya pembusukan.

Setelah ikan dibersihkan hingga benar-benar bersih, barulah Anda bisa mengolahnya menjadi kudapan yang enak dan tentunya bergizi untuk keluarga Anda. Ternyata mudah sekali bukan cara menghilangkan bau amis pada ikan. Bahkan penghilang amisnya juga terbuat dari bahan-bahan yang alami dan mudah didapatkan di sekitar rumah Anda. Demikian tips ini dan semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda.