Rabu, 16 Desember 2015

Cara menghemat energi Bahan Bakar

Filled under:

Menghemat bahan bakar adalah hal yang harus anda lakukan. Tentu kita semua sudah mengetahui jika bahan bakar adalah salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Hal ini dikarenakan bahan bakar terbentuk dari fosil yang sudah mengalami proses cukup panjang mulai ribuan atau bahkan hingga jutaan tahun. Dengan penggunaan bahan bakar yang tidak terkontrol, maka cepat atau lambat bahan bakar tersebut akan hilang dari muka bumi. Hilangnya bahan bakar dari muka bumi tentu akan membawa pengaruh buruk bagi kehidupan manusia. Oleh sebab itu ada baiknya jika anda lebih memahami dan mengerti tentang cara menghemat energi sejak dini.



            Banyak cara menghemat energi yang bisa anda lakukan, salah satunya dengan mengendarai mobil dengan baik dan benar. Seperti yang sudah kita ketahui jika kendaraan bermotor terutama mobil adalah pengonsumsi bahan bakar terbesar. Bahkan saat ini jumlah mobil sudah mengalami peningkatan drastis sehingga akan membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Ada beberapa tips mengendarai mobil agar bisa menghemat bahan bakar, adapun tipsnya adalah sebagai berikut.

1.      Berkendara secara halus
Mungkin kedengarannya mudah, namun pada kenyataannya masih banyak orang yang berkendara secara agresif dan cenderung ugal-ugalan. Menurut riset, cara berkendara agresif akan meningkatkan penggunaan bahan bakar hingga mencapai 33 persen

2.      Gunakan AC seminimal mungkin
Menyalakan AC mobil secara berlebihan akan memberikan beban kepada mesin mobil yang mana secara tidak langsung akan berpengaruh kepada penggunaan bahan bakar. Oleh sebab itu solusi terbaik adalah dengan menggunakan AC seperlunya saja. Ketika berada didaerah pegunungan atau perbukitan yang memiliki udara sejuk lebih baik buka jendela dari pada harus menggunakan AC.

3.      Kurangi beban mobil
Beban mobil juga bisa mempengaruhi terhadap penggunaan bahan bakar. Karena semakin berat barang bawaan anda, maka semakin banyak pula bahan bakar yang dibutuhkan. Keluarkanlah barang-barang yang tidak perlu guna mengurangi beban dan konsumsi bahan bakar mobil anda.

            Itulah cara irit energi bahan bakar yang bisa anda coba. Selain dengan cara diatas, anda juga bisa menghemat energi bahan bakar dengan mengurangi pemakaian mesin cuci. Hal ini disebabkan pemakaian mesin cuci akan membutuhkan listrik yang cukup besar. Sehingga secara tidak langsung juga akan membutuhkan bahan bakar yang cukup banyak karena sebagian besar pembangkit listrik di Indonesia masih menggunakan bahan bakar sebagai sumber energi yang utama. Namun jika anda terpaksa menggunakan mesin cuci, anda bisa menggunakan Rinso Cair sebagai deterjen. Hal ini anda lakukan karena Rinso Cair terbukti ampuh menghilangkan noda membandel pada pakaian secar cepat. Sehingga pemakaian mesin cuci tidak terlalu lama dan anda pun turut ikut menghemat energi bahan bakar.