Selasa, 01 Desember 2015

Cara Mencegah Penyakit Diabetes dengan Menerapkan Hidup Sehat

Filled under:


Kebanyakan orang menganggap bahwa diabetes merupakan penyakit yang banyak menyerang orang pada usia diatas 40 tahunan, padahal saat ini tidak menutup kemungkinan seseorang yang berusia dibawah 30 tahun sudah menderita penyakit ini. Hal ini disebabkan karena tidak adanya jaminan bahwa tubuh akan mampu berfungsi dengan optimal apalagi tanpa menjalankan pola hidup yang sehat. Oleh sebab itulah sangat diperlukan cara mencegah penyakit diabetes ini dengan tepat dan efektif agar bisa meminimalisir resiko terkena penyakit tersebut.

Bagi yang memiliki riwayat diabetes pada salah satu garis keturunannya, memang resiko terkena penyakit ini cukuplah besar. Namun tentu saja selalu ada tips mencegah penyakit diabetes ini agar tidak sampai menimpa Anda, diantaranya adalah:

 Memulai pola hidup sehat, seperti menghindari rokok, tidak meminum alkohol, memakai obat-obatan terlarang serta mengurangi konsumsi suplemen yang tidak perlu,

 Menjaga keseimbangan hidup, diantaranya adalah istirahat secara cukup, berolahraga dengan teratur dan juga menghindari terlalu banyak kerja. Ini dimaksudkan agar tubuh bisa memperbaiki dirinya sendiri secara alami,

 Memperbaiki menu dan pola makan, yang dulunya tanpa memperhitungkan kandungan nutrisi serta kebutuhan zat lain. Menghindari terlalu banyak asupan karbohidrat dan kalori juga merupakan salah satu cara yang sangat dianjurkan karena hal inilah yang berkontribusi besar terhadap munculnya diabetes.

Selain melakukan cara-cara tersebut diatas, Anda juga harus mulai rajin memperhatikan atau mengontrol tingkat kesehatan Anda agar bisa mendeteksi:

1. Gangguan pada sistem metabolisme tubuh, yang bisa mengakibatkan gangguan pada organ-organ tubuh lainnya,

2. Tingkat kebutuhan tubuh terhadap tindakan kesehatan seperti diet, bed rest atau mungkin juga konsumsi obat,

3. Munculnya gejala penurunan kondisi tubuh serta cara mengatasinya.

Biasanya, penyakit diabetes ini ditandai dengan tingkat kadar gula darah yang mulai meninggi dari seharusnya. Beberapa gejala fisik yang mudah sekali dilihat seperti perasaan yang selalu haus dan juga sering buang air kecil, mudah merasa mengantuk serta lelah hingga pada munculnya luka yang sulit untuk kering. Sebelum Anda menjumpai tanda-tanda tersebut, maka ada baiknya mulai saat ini segera melakukan cara mencegah penyakit diabetes sejak dini.