Selasa, 17 November 2015

Tabungan Pendidikan Anak vs Asuransi Pendidikan, Mana yang Terbaik?

Filled under:

Biaya pendidikan setiap tahun selalu meningkat, bahkan inflasinya lebih tinggi dibandingkan inflasi pasar. Jika Anda tidak bersiap-siap dari sekarang, bisa jadi Anda akan kelabakan ketika sudah saatnya buah hati Anda menempuh jenjang sekolah. Di sinilah, peran tabungan pendidikan anak dan asuransi pendidikan menyumbangkan peran yang penting demi masa depan anak Anda.


Apa bedanya tabungan pendidikan untuk anak dengan asuransi pendidikan? Bagi masyarakat umum, keduanya terlihat sama saja. Prospek yang ditawarkan pun mirip, yaitu memberikan jaminan dana untuk masa depan anak. Apalagi bank kadang menyamakan pula keduanya. Padahal, jika dilihat dari pengertian dan sifatnya, kedua hal ini sebenarnya mempunyai perbedaan yang cukup menentukan.

Karena itulah, sebelum Anda memilih di antara keduanya, ada baiknya Anda mempelajari dulu perbedaannya, ini dia:

·         Tabungan pendidikan
Seperti tabungan biasa, Anda menyisihkan sebagian dana untuk nantinya digunakan ketika anak masuk sekolah. Beberapa hal yang patut diperhatikan adalah:
  • Produk bank yang dijamin Lembaga Penjamin Simpanan, sehingga nilainya selalu aman, bahkan jika bank kolaps.
  •  Bunganya pasti, meski hanya sebesar 3-6%.
  • Biaya tambahan hanya berupa administrasi.
  • Ada asuransi, meski jumlahnya hanya sebesar target dana. Kalau nasabah meninggal misalnya, ahli waris bisa mendapatkan dana sebesar tujuan awalnya 
·         Asuransi pendidikan
Merupakan produk dari perusahaan asuransi, bukan bank sendiri, sehingga sistemnya cukup berbeda. Anda pada dasarnya melakukan investasi untuk pendidikan anak Anda. Ini yang harus diperhatikan:
  • Tingkat keuntungan sangat tergantung kondisi pasar. Jika kondisi buruk, investasi bahkan bisa rugi, namun jika untung, hasilnya berlipat.
  • Proteksi tidak terbatas, sebab Anda yang menanggung preminya.
  • Jika tertanggung meninggal, ahli waris mendapat dana pertanggungan dan hasil investasi.

Jadi, jika Anda ingin melakukan investasi dalam jangka panjang, maka sebaiknya pilihlah asuransi pendidikan, karena produk ini termasuk proteksi ketika Anda misalnya tidak mampu lagi membayar biaya. Namun dalam jangka panjang dan tanpa resiko, tabungan pendidikan anak adalah yang terbaik. Hal ini karena Anda pada dasarnya hanya menyimpan dana cadangan demi pendidikan anak Anda.