Senin, 09 November 2015

Pentingnya Riset Pasar Sebelum Membangun Toko Online

Filled under:


Membuka sebuah bisnis tidak semudah teori yang ada dalam buku, seminar ataupun internet walaupun bisnis tersebut merupakan bisnis online. Untuk memulai sebuah bisnis online, Anda memerlukan website toko online yang digunakan sebagai ‘lapak’ atau untuk tempat berjualan. Bagi Anda yang masih baru, dapat memulai terlebih dahulu dengan menggunakan website tak berbayar namun jika Anda memiliki budget yang cukup, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website toko online terbaik misalnya dengan menggunakan jasa Partner Iklan.

Akan tetapi, sebelum Anda menggunakan jasa pembuatan web toko online, Anda harus melakukan riset atau penelitian terlebih dahulu. Riset yang dilakukan meliputi peluang pasar mengenai bidang bisnis yang hendak Anda kelola. Tujuannya dari dilakukannya riset yaitu :

  1. Menghindari persaingan yang terlalu sengit terutama jika Anda kurang ahli atau masih baru di bidang bisnis.
  2. Mengurangi resiko gulung lapak lebih awal karena kalah persaingan.
  3. Agar bisnis yang dilakukan menjadi lebih matang sehingga mampu bersaing dan berkembang.
Beberapa jenis website gratis yang dapat Anda pergunakan untuk melakukan riset sebelum memulai bisnis online yaitu :

  1. Adword keywords tool untuk mengetahui keywords yang saat ini banyak dicari oleh para pengguna internet. Anda dapat memasukkan kata di bagian word/phrase dan klik Advanced option and filters lalu pilih target dari pasar Anda.
  2. Menggunakan google Insight untuk melihat trend dalam suatu negara termasuk prediksi kedepannya apakah naik atau turun.
  3. Facebook Database dapat membantu melihat banyaknya orang yang tertarik dengan bisnis Anda dan datanya paking mendekati hasil untuk market Indonesia.
Pemilihan niche pasar juga harus dilakukan dengan baik sebelum Anda membuat website dengan menggunakan jasa pembuatan website toko online. Terdapat 2 pertimbangan dalam pemilihan niche yaitu kemungkinan barang atau produk tersebut akan dibeli oleh konsumen atau tidak dan keuntungan yang didapatkan terutama jika Anda menggunakan sistem pre Order. Untuk pertama kali membangun website online, sebaiknya memilih produk yang mampu memberikan keuntungan 10-20% per orderan namun keuntungan dapat Anda tentukan sendiri sesuai situasi dan kondisi Anda.