Rabu, 25 November 2015

Hitung Kalori Dari Snack Cokelat Yang Anda Konsumsi

Filled under:


Jika Anda adalah seorang perempuan, pasti Anda pernah melakukan program diet, baik yang disarankan oleh dokter ataupun beberapa cara yang Anda padu padankan sendiri. Salah satunya mungkin dengan menghindari kue coklat kering. Terkadang kita tidak tahu alasannya, yang penting hanya menghindari makanan-makanan manis. Termasuk dari kue cokelat tersebut. Padahal sebenarnya bukan itu cara untuk melakukan diet. Memang makanan manis adalah salah satu makanan yang kita batasi konsumsinya.

Tetapi ada hal yang lebih penting selain gula yang bisa menggagalkan diet Anda. Apa itu? Jawabannya adalah kalori. Iya, pada dasarnya gula akan menjadi kalori yang akan diserap oleh otot untuk menjadi energi. Namun ketika tubuh tidak banyak bergerak atau membutuhkan energi, tentunya kalori ini menjadi sia-sia. Sehingga tetap mengendap di dalam darah. Pada akhirnya kadar gula dalam darah menjadi tinggi. Jika hal ini berlanjut terus menerus, maka tidak menutup kemungkinan penyakit diabetes melitus akan mengintai Anda.

Dengan demikian, wajar ketika Anda sedang berdiet maka yang dianjurkan pertama kali adalah menyeimbangkan asupan kalori. Jangan sampai terlalu banyak kalori yang masuk dibandingkan dengan kalori yang dikeluarkan. Untuk itulah, agar asupan kalori ini seimbang ada pola makan termasuk mengkonsumsi camilan seperti roti kering cokelat yang disarankan. Seperti berikut misalnya:

  1. Pagi hari jam 7 sarapan berupa oatmeal atau roti gandum, untuk memberikan energi dalam memulai aktivitas. Tidak disarankan mengkonsumsi karbohidrat berlebih karena tubuh bisa cepat lelah dan oksigen berkurang.
  2. 3 jam setelahnya, Anda boleh mulai makan makanan ringan yang mengandung kalori secukupnya. Termasuk cookies snack tersebut.
  3. Pukul 12 sampai pukul 1 siang, lebih baik Anda mengkonsumsi sayuran dan karbohidrat seperti nasi dengan porsi secukupnya.
  4. Pukul 4 sampai 5, ketika lapar mulai melanda konsumsi saja buah-buahan.

Saat sampai di rumah dan masih merasa lapar, Anda masih boleh mengkonsumsi snack termasuk kue coklat kering ini. Asalkan tidak lebih dari jam 8 malam dengan porsi tidak lebih dari 150 kkal. Karena konsumsi snack yang disarankan di waktu normal untuk beraktivitas seperti di siang hari hanya antara 150 sampai 200 kkal.