Jumat, 11 September 2015

Langkah Mudah Menjaga Keamanan Sebelum Bekerja

Filled under:


Setiap makhluk hidup memang akan mati, namun kita sendiri tak akan tau kapan ajal menjemput, bisa jadi dalam keadaan dimana sudah sakit parah, sehat, atau mungkin dalam lokasi kerja. Namun bagaimanapun itu seseorang tak tau. Meskipun ditakdirkan demikian namun perlu diketahui bahwa menjaga keselamatan kerja K3 tetap penting dilakukan, karena selain resiko kematian juga ada resiko lain dibalik kecelakaan dalam pekerjaan yang mungkin dialami, kehilangan salah satu bagian tubuh hingga mengalami cacat atau cidera ringan.

Keselamatan untuk pekerja K3 memang menjadi bagian penting untuk ditanggung oleh lembaga mereka, jika ada cidera ada biaya untuk pengobatan, begitu juga jika resiko kematian, maka ada uang santunan dalam jumlah yang tak sedikit. Namun untuk apa mendapatkan itu semua jika nyawa yang harus menjadi taruhan, akan lebih baik untuk menjaga keselamatan sendiri bukan, jadi terapkan cara tepat berikut ini :

  1.  Patuhi aturan yang ada, khususnya dalam pekerjaan konstruksi ada beberapa aturan yang diberlakukan, menggunakan pelindung kepala, masker dan perlengkapan yang menunjang, kemudian juga dilarang untuk melakukan sesuatu yang berbahaya. Aturan yang ada wajib dipatuhi demi kepentingan sendiri.
  2. Selalu mempersiapkan alat keselamatan, jika memang sudah dipersiapkan pakaian wajib maka harus digunakan, jangan diabaikan karena itu artinya lembaga atau perusahaan sudah mempersiapkan keselamatan untuk diri sendiri, begitu juga helm pelindung.
  3. Harus ada alat keselamatan lengkap di lokasi, bentuknya sendiri banyak, namun yang wajib adalah pemadam api, kemudian palu untuk memecah kaca dan perlengkapan P3 sebagai bentuk pertolongan pertama jika ada sesuatu yang terjadi.
  4. Jangan ragu untuk mengerjakan sesuatunya bersama orang lain atau tak sendiri, jadi jika seandainya ada sesuatu yang terjadi, orang lain akan menjadi penolong, akibatnya sendiri tak akan fatal.
4 langkah tepat untuk menjaga diri dan mencegah kecelakaan kerja. Semakin siap diri Anda maka bermanfaat untuk menghindari resiko-resiko fatal yaitu cacat hingga kehilangan nyawa. Memprioritaskan keselamatan kerja K3 wajib bagi individu perorangan.