Minggu, 13 September 2015

4 Langkah Sederhana Membersihkan Pelapis Sofa dari Kain Nilon

Filled under:


Salah satu bahan sintetis yang populer untuk melapisi sofa adalah nilon. Terkenal kuat dan awet, tahan berbagai kondisi, anti air, dan juga tidak mudah robek. Tetapi kuatnya nilon bukan alasan Anda lantas membiarkannya dan tidak merawatnya dengan baik. Selain memanggil jasa cuci sofa Jakarta setiap sebulan atau beberapa bulan sekali, Anda pun sebaiknya melakukan perawatan rutin sendiri.

Memanggil jasa layanan cuci sofa Jakarta adalah kesempatan bagi Anda untuk membersihkan sofa secara menyeluruh dengan detail. Namun untuk keperluan sehari-hari, Anda bisa melakukan pembersihan dengan cara:

   1.       Bersihkan permukaan dari debu
Sebelum membersihkan lebih intensif, singkirkan debu dan kotoran dari permukaan sofa dengan sulak atau penyedot debu. Pilih penyedot yang ujungnya berbulu halus.
   2.       Hilangkan bekas kotoran
Jika ada noda di sofa, bersihkan dengan kain mikrofiber yang dituangi cuka atau tisu basah, lalu bersihkan area yang bernoda.
   3.       Membersihkan seluruh permukaan
Basahi kain mikrofiber menggunakan deterjen, lalu seka kain pelapis sofa tersebut pelan-pelan. Diamkan selama beberapa menit agar kain menyerap deterjen.
   4.       Mengeringkan
Keringkan sofa dengan pengering rambut, atau cukup angin-anginkan sofa saja di tempat terbuka.

Karena sofa yang pelapisnya terbuat dari kain seperti nilon kadang bisa dilepas, maka hal ini akan mempermudah Anda mencucinya seperti biasa. Selain itu, agar proses lebih efektif, Anda bisa:
  • Menggunakan deterjen yang dicampur dengan air hangat untuk membersihkan kain.
  • Cuka bisa menjadi bahan yang sangat bagus untuk membersihkan noda yang membandel, asalkan Anda membersihkan dengan cepat begitu noda timbul.
  • Bersihkan sofa menggunakan penyedot debu setidaknya seminggu sekali untuk mencegah kotoran menumpuk.
  • Kalau Anda mencuci kain terpisah, pasang ketika kain masih cukup lembab agar ketika kering bentuknya mengikuti bentuk sofa.
Setelah Anda membersihkan secara rutin, manfaatkan jasa cuci sofa Jakarta seperti Dehygienique supaya sofa Anda benar-benar bersih secara keseluruhan, tanpa noda tersisa. Jasa pencucian sofa seperti ini biasanya memanfaatkan dry foam yang membuat kain tetap awet dan menjaga sofa tetap kering. Setelah itu, proses selanjutnya adalah memberikan desinfektan sehingga bakteri tidak tumbuh.