Sabtu, 08 Agustus 2015

Menganalisa Air Bersih Dari Bagian Fisik

Filled under:



Dalam kehidupan manusia pastilah membutuhkan air dengan kualitas bersih. Tetapi jenis air yang digunakan tidak hanya bersih namun juga memenuhi standar seperti yang telah dibuat oleh kementerian. Karena dengan memperhatikan kualitas. Kebutuhan Air bersih sudah seharusnya didapatkan oleh semua orang diberbagai daerah untuk menunjang kesehatan serta kehidupan. Selain itu air ini juga penting untuk kehidupan tanaman dan hewan.

Air yang bersih tidak hanya melalui rasa, warna dan kejernihannya saja. Tetapi uji coba laboratorium juga diperlukan untuk memastikan bila air tersebut layak untuk dikonsumsi, berikut ciri-cirinya:

- Air tidak berasa: kualitas air yang layak digunakan tidak mempunyai rasa. Biasanya zat organik atau bakterilah yang menyebabkan air memiliki rasa.
- Tidak memiliki bau: jika air memiliki bau kemungkinan karena adanya pembusukan zat organik dan bakteri, atau bisa jadi karena lingkungan yang sudah tercemar.
- Suhu pada air: jika terjadi kenaikan suhu di perairan maka bisa menyebabkan kenaikan aktifitas biologi sehingga memproduksi O2 yang lebih banyak. Kenaikan suhu ini secara alamiah disebabkan oleh penebangan vegetasi.

Jika anda lebih memperhatikan standar air bersih di rumah maka keluarga akan lebih terlindungi dari ancaman penyakit yang bisa terjadi karena air kotor. Tidak semua air yang kita lihat bersih berarti bebas dari bakteri dan zat kimia yang seharusnya tidak boleh masuk ke dalam tubuh. Zat seperti timbal, bakteri, besi, senyawa raksa dan masih banyak lagi.