Kamis, 30 Juli 2015

3 Alasan Kenapa Backup Data Website Itu Penting

Filled under:

Untuk mencegah hilangnya data website di servernya, biasanya layanan hosting, bahkan hosting murah Indonesia sekalipun, selalu mempunyai sistem backup sendiri. Contoh sistem auto-backup yang digunakan adalah seperti Time Machine Backup yang digunakan Dewaweb, untuk mencegah data menjadi hilang atau rusak. Namun sebagus apapun sistem tersebut, Anda juga perlu melakukan backup sendiri.


Kenapa Anda juga harus melakukannya, padahal jasa hosting harga murah Indonesia sendiri sudah melakukannya? Ini alasannya:

   ·         Terjadi kerusakan di hard drive
Memang, server dibuat dan didesain untuk tahan banting, namun kemungkinan kerusakan hard drive selalu ada, sehingga punya backup manual lebih baik.
   ·         Hacker dan malware
Ketika ada hacker atau malware yang berhasil menyusup ke dalam jaringan server hosting yang Anda pilih, maka data Anda pun terancam hilang atau rusak.
   ·         Mencegah data hilang ketika upgrade
Ketika situs Anda sudah tumbuh semakin besar dan Anda memutuskan untuk upgrade ke paket hosting yang lebih baik, kadang dalam prosesnya data situs bisa hilang. Anda akan bersyukur karena punya data cadangan.

Tidak ada salahnya untuk rajin melakukan backup untuk website Anda, sehingga data tidak beresiko lenyap tak berbekas. Proses ini akan lebih mudah dilakukan dengan cPanel yang juga disediakan oleh Dewaweb, memudahkan Anda untuk mengunduh data website dan meng-copy ke komputer Anda. Bila Anda memilih layanan hosting murah Indonesia, pastikanlah bahwa setidaknya mereka mempunyai tools serupa seperti cPanel tersebut.