Minggu, 19 April 2015

Mengenal Dunia Networking

Filled under:


Networking di dalam istilah komputer yaitu menghubungkan beberapa komputer yang memiliki tujuan berbagai resource. Resource sendiri maksudnya yaitu sumber daya komputer. Kemungkinan dapat berupa peralatan (hardware) atau mungkin juga dapat berupa program (software) maupun berkas (file). Dimana untuk saat ini kemampuan mengenai dunia networking yang lebih mendalam sudah bisa didapatkan dari sekolah formal, kursus, maupun pelatihan IT.

Jika komputer sudah saling terhubung, baik software, hardware maupun file akan dapat saling dipertukarkan maupun dibagi ke pemakainya. Beragam teknik yang diajarkan pada kursus IT umumnya mencakup mengenai pengertian hingga cara-cara menghubungkan komputer yang secara garis besarnya dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Media koneksi berupa wired (kabel) atau wireless (nirkabel).
  2. Cakupan area berupa internet, LAN, WAN.
  3. Metode transfer atau protokol berupa TCP/IP, HTTP, FTP, PPP, UDP dan lain sebagainya.
  4. Ragam teknik, perangkat serta istilah.
Seperti yang sudah anda ketahui, kemampuan mengenai dunia komputer dan internet saat ini memiliki peluang besar untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Oleh karena itu, pemahaman yang lebih mengenai dunia teknologi semacam networking ini sangat penting dipelajari. Salah satu cara yang mudah untuk mempelajari dan memahami metode teknologi networking yaitu dengan mengikuti pelatihan IT seperti yang diadakan oleh sciencom. Anda dapat terus mengembangkan kemampuan dalam dunia networking bersama dengan rekan yang memiliki minat sama dengan anda.