Kamis, 18 Desember 2014

Tips Memilih Mobil antara Manual atau Matic

Filled under:

Asuransi mobil tidak membatasi kategori mobil yang dimiliki oleh pemegang polis, baik manual maupun matic. Anda bisa memilih antara mobil manual atau matic yang sesuai dengan keinginan, kebutuhan, kebiasaan dan pengalaman Anda dalam berkendara. Kondisi jalanan yang sering Anda lalui juga turut menentukan jenis mobil apa yang cocok untuk Anda.

Berikut ini adalah tips dalam memilih mobil manual maupun matic, dilihat dari keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing tipe.

Tips Memilih Mobil antara Manual atau Matic
Asuransi Mobil
Keunggulan Mobil Manual
Mobil manual lebih hemat BBM (bahan bakar minyak) dan biaya perawatan.
Harga mobil manual dan spare part atau suku cadangnya lebih murah daripada mobil matic.
Mobil manual lebih unggul di kondisi jalan tanjakan.
Memiliki akselerasi dan kecepatan lebih unggul karena bobotnya yang lebih ringan.

Keunggulan Mobil Matic
Cocok untuk kondisi jalanan di perkotaan karena transmisi otomatisnya membuat pengendara mobil tidak lelah dalam mengatur perpindahan gear (gigi), terlebih dalam kemacetan.
Mobil matic lebih praktis dan mudah digunakan bagi pemula karena cukup mengatur pedal gas dan rem, tanpa memperhitungkan pedal kopling.
Memiliki harga jual lebih tinggi daripada mobil manual.

Hal-hal utama yang perlu diperhatikan dalam memilih antara mobil manual atau matic adalah faktor kebutuhan, selera pribadi, kondisi finansial, dan kenyamanan berkendara. Untuk kenyamanan finansial dalam berkendara selain mempertimbangkan harga mobil, perawatan, dan efisiensi bahan bakar, mobil Anda perlu dilengkapi dengan asuransi mobil.