Minggu, 21 Desember 2014

Langkah – langkah dalam mencuci alat makan

Filled under:

Alat makan adalah alat yang akan kita gunakan kembali untuk makan atau menyantap hidangan. Nah, alat tersebut tentunya tidak sekali pakai langsung dibuang. Karena alat ini harus dicuci dengan bersih lalu dipakai kembali. Namun bagaimana jadinya jika alat tersebut tidak dicuci dengan bersih ? tentunya akan ada kumat bahkan zat kimia sisa deterjen akan masuk ke tubuh anda dan mengganggu kesehatan tubuh anda. maka dari itu perlunya pengetahuan dalam mencuci peralatan makan ini agar dapat digunakan kembali dalam kondisi bersih.
Beberapa langkah yang perlu anda ketahui antara lain :


a. Memisahkan beberapa peralatan makan. Pemisahan ini bertujuan untuk tidak menambah kotor peralatan makan lainnya. Contohnya anda harus memisahkan gelas dengan piring dan sendok. Karena, sendok dan piring adalah alat yang terkena minyak, lemak, dan sisa – sisa makanan sehingga harus dicuci dengan bersih. berbeda dengan gelas yang hanya digunakan untuk menampung air putih. Maka dari itu pemisahan ini akan berguna nantinya.

b. Proses mencuci. Setelah anda memisahkan alat makan tersebut, anda proses pertama yang paling bersih. yaitu gelas. Nah, anda bisa mencuci pertama gelas anda agar spons yang anda gunakan masih bersih dan tidak ada bekas lemak. Setelah anda mencuci gelas anda, anda cuci sendok dan garpu terlebih dahulu. Setelah bersih, baru anda cuci piring anda. ya tentunya ini akan sangat bermanfaat untuk menghindari beberapa peralatan makan agar tidak terkena lemak sisa makanan yang menempel di spons cuci piring.

c. Proses pengeringan, untuk pengeringannya anda bisa gunakan lap bersih atau anda bisa membiarkannya mengering sendiri, dengan catatan anda harus memiliki tempat untuk meletakkan alat makan tersebut agar air bisa tertiriskan.
Nah itu dia cara atau langkah dalam mencuci alat makan. Jika alat yang digunakan untuk makan ini sudah bersih, tentunya anda tidak perlu takut untuk terkena kuman ataupun sisa deterjen. Dan kesehatan anda dan keluarga akan terjaga.