Rabu, 05 November 2014

Tips Menstimulasi Perkembangan Anak Usia Dini

Filled under:

Siapa bilang menstimulasi perkembangan anak usia dini atau balita adalah hal yang sulit dilakukan? Nyatanya, anda tetap bisa merangsang stimulasi tumbuh kembang anak dengan berbagai cara sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari. Disadari atau tidak, peranan orang tua dalam membantu proses perkembangan anak ketika balita adalah hal yang utama dan sangat mempengaruhi proses belajar anak di kemudian hari. Apabila stimulasi dilakukan secara optimal, maka anak akan tumbuh menjadi anak yang cerdas.


Berikut ini beberapa tips atau cara yang bisa dilakukan orang tua sehari-hari untuk menstimulasi perkembangan balita, diantaranya yaitu:

• Merangsang fungsi saraf melalui pijatan lembut untuk meningkatkan metabolisme tubuh.
• Mengajarkan anak mengenai tata cara makan yang baik dengan memberinya asupan gizi yang seimbang.
• Mengajaknya berbicara dan bercerita agar penguasaan kata-kata yang dikuasainya menjadi lebih luas.
• Melatih sikap sosial anak dengan memberikannya ruang bersama teman sebayanya untuk bermain sesuai keinginan.

Hal-hal di atas dapat dilakukan guna menstimulasi perkembangan anak dengan baik dan optimal. Selain tingkat kecerdasan anak yang akan bertambah, kedekatan antara anak dan orang tua serta teman-temannya menjadi lebih terasa. Apabila aktivitas harian dirasa kurang maksimal untuk menstimulasi perkembangan anak usia dini, anda juga bisa mengajaknya beraktivitas di luar ruangan agar anak menjadi lebih mengenal alam dan lingkungan sekitarnya.