Jumat, 12 September 2014

Ibu Rumah Tangga Mampu Mengelola Keuangan dengan Cerdas

Filled under:

Bagi pasangan muda, pasti akan kesulitan mengatur keuangan keluarga. Sebagai calon ibu rumah tangga setidaknya anda perlu belajar lebih serius lagi agar uang dapat dikelola dengan baik. Apalagi jika sang buah hati tiba-tiba muncul menghiasi kehidupan anda. Karena hal tersebut adalah tugas seorang ibu rumah tangga. Biasanya masalah muncul karena kebiasaan yang kurang baik. Misal, sering membelanjakan hal-hal yang kurang perlu.
\

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan wanita rumah tangga agar pengelolaan keuangan menjadi benar, antara lain:
 Memahami kebutuhan wajib keluarga terlebih dahulu, misalnya angsuran rumah, kebutuhan pokok keluarga, angsuran mobil, listrik dan yang lainnya,
 Anggaran dana anda perlu disusun dengan sebaik-baiknya,
 Bermusuhanlah dengan hutang karena hutang bukan menyelesaikan tapi justru menimbulkan masalah baru,
 Jangan berbelanja dengan harga yang mahal-mahal cukup penuhi kebutuhan poko terlebih dahulu,
 Tentukan tujuan anda tabungan anda misal untuk biaya pendidikan si kecil dll,
 Terus tabung, tabung dan tabung,
 Jangan takut untuk berinvestasi.

Mengatur keungan rumah memang susah-susah gampang. Susah bagi ibu rumah tangga yang masih baru. Namun, gampang bagi yang sudah mengalami pahit manisnya berumah tangga. Hemat adalah kunci penting jika anda harus mengatur keuangan rumah tangga. Ingat, belilah hal-hal yang diperlukan saja. Sebenarnya juga tidak salah jika menyisihkan dana untuk pergi berlibur menghilangkan stress selama bekerja. Namun juga perlu pemikiran yang lebih mendalam lagi.