Kamis, 07 Agustus 2014

Bagaimana Memilih Reksadana Terbaik Yang Ditawarkan Manajer Investasi ?

Filled under:


Memiliki pengetahuan mengenai apa reksadana terbaik dalam memberikan keuntungan wajib hukumnya bagi Investor. Bagi investor pemula tentu hal ini bukanlah hal yang mudah. Karena memang berinvestasi pada sekuritas atau surat berharga dibutuhkan pengalaman dan keahlian tertentu. Disinilah fungsi dari Manajer Investasi. Yaitu mengarahkan investor untuk memilih sebuah reksadana sesuai dengan kemampuan dan tujuan investor.
Reksadana sendiri merupakan sebuah media investasi yang memang dikhususkan bagi pemodal kecil dengan kemampuan terbatas. Baik dari segi waktu maupun kemampuan. Di beberapa Negara lain, istilah ini dikenal dengan nama Investment trust, unit trust ada juga mutual fund. Bagi pemula, informasi dibawah ini dapat membantu anda untuk mempertimbangkan reksadana paling bagus apa dan bagaimana, yang akan anda pilih:

  1. Lihat proporsi dan diversifikasi reksadana ini. Maksudnya efek apa saja yang dibeli dengan dana reksadana ini dan berapa proporsinya. Apakah saham, obligasi, deposito, ataukah campuran dengan proporsi tertentu. Minta penjelasan masing-masing resiko dari efek tersebut.
  2. Lihat Nilai Aset Bersih (NAB). Yaitu selisih antara pendapatan investasi dikurangi dengan kewajiban-kewajiban investasi. Pendapatan investasi adalah hasil dari efek yang dibeli dari dana seperti disebutkan nomor 1 diatas. Kewajiban berupa fee. Tanyakan berbagai macam fee yang harus anda bayar.
  3. Lihat umur reksadana. Biasanya semakin lama semakin bagus dan tinggi harganya.
  4. Lihat prosentase perubahan NAB hariannya. NAB ini akan dihitung setiap sore, pukul 5 sore paling akhir.
Sudah bisa menentukan reksadana terbaik bukan?