Kamis, 21 Desember 2017

Berbagai Modus Penipuan Manidiri E-Cash dan Cara Mencegahnya

Filled under:

Berbagai Modus Penipuan Manidiri E-Cash dan Cara Mencegahnya
penipuan Mandiri e-cash
Penipuan Mandiri e-cash merupakan salah satu modus penipuan yang bisa dibilang lama. Di lain sisi, e-cash atau uang elektronik saat ini merupakan salah satu sistem yang mampu mempermudah setiap orang dalam melakukan transaksi dan mengirimkan uang. 

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju, e-cash sendiri saat ini sudah semakin banyak digunakan meskipun di lain sisi masih banyak juga yang belum menggunakan dan belum memahami apa itu e-cash dan cara menggunakannya. 

Pengguna baru, atau pengguna yang belum memahami betul biasanya menjadi sasaran yang empuk para pelaku penipuan e-cash yang marak sekali terjadi.Hal tersebut pada kenyataannya bisa ditanggulangi dengan mudah asalkan setiap orang mau melek terhadap teknologi dan juga informasi khususnya dalam ranah perbankan. 

Berikut ini akan saya paparkan berbagai modus penipuan Mandiri e-cash dan cara mencegahnya bagi setiap orang yang menggunakan e-cash:

1 . Modus yang Sering Dilakukan

Hal yang paling utama ialah mengenal terlebih dahulu modus apa yang biasanya sering digunakan oleh para penipu tersebut. Biasanya modus yang paling sering dan yang mampu membuat orang terjerumus dalam perangkap penipu ialah dengan mengiming – imingi sejumlah uang yang besar dan juga hadiah yang membuat si korban tertarik. Selain itu, penipuan biasanya berawal dari telepon orang yang tidak dikenal. 

Selanjutnya, mereka akan meminta anda untuk pergi ke ATM dan akan memandu untuk melakukan transfer atau hal lainnya yang bersifat rahasia dalam ranah perbankan yang anda gunakan. Dengan mengenali modus semacan ini, maka anda yang menggunakan e- cash sedikit banyaknya akan sadar kalau sedang diincar oleh pelaku kejahatan penipuan e-cash.

2 . Cara Mencegahnya

Pencegahan yang paling penting ialah melek terhadap teknologi dan juga informasi dimana anda harus mulai membuka mata terhadap kemajuan teknologi dalam bidang perbankan. Istilah gaptek saat ini sebenarnya merupakan suatu istilah yang tidak boleh dianut oleh siapa pun dengan demikian kita akan sadar bahwa kita sedang dimodus oleh penipu karena kita tahu dan mengenal bahwa kegiatan perbankan bersifat rahasia. 

Maka dari itu, jangan mau dipandu oleh orang yang tidak dikenal untuk pergi ke mesin ATM dan mentransfer sejumlah uang yang mereka minta atau memandu anda untuk melakukan kegiatan perbankan lainnya yang bersifat rahasia. Segera putus sambungan telepon anda jika ada orang yang tidak dikenal mulai mengarah pada hal yang mencurigakan.

Dua poin di atas merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh setiap orang khususnya bagi yang sudah menggunakan e-cash. E-cash sendiri sejatinya merupakan suatu layanan yang dapat mempermudah kita dalam melakukan kegiatan perbankan dan juga transaksi seperti belanja online, mengirimkan uang dan lain sebagainya.