Jumat, 02 Juni 2017

Makanan Sehat untuk Bayi di Usia Tertentu

Filled under:

Makanan Sehat untuk Bayi

Makanan Sehat untuk Bayi di Usia Tertentu


Dalam ilmu medis bayi sudah boleh diberikan makanan tambahan selain ASI pada usia 4-6 bulan ke atas. Namun, dari berbagai pengalaman yang sudah dilakukan oleh para orang tua pemberian makanan yang baik adalah ketika bayi berusia 6 bulan. Ketika bayi usia belum 6 bulan diberikan makanan selain ASI terdapat beberapa bahaya seperti alergi terhadap makanan. Sehingga pemberian makanan sehat untuk bayi lebih tepat dilakukan ketika usia bayi sudah mencapai 6 bulan. Pemberian makanan bayi tersebut juga harus disesuaikan dengan usianya. 

Karena bayi pada usia 6 bulan ke atas tersebut sudah memiliki pencernaan yang baik sehingga dapat segera diberikan makanan selain ASI. Selain itu juga karena tumbuh kembang anak terus meningkat maka bayi juga memerlukan asupan nutrisi yang lebih besar lagi, sehingga pemberian makanan sehat untuk bayi harus tepat pemberiannya. Berikut merupakan pemberian makanan untuk bayi sesuai dengan usianya.

• Usia 6 bulan


Bayi pada usia ini adalah dimana bayi mulai pertama kali mencoba makanan selain ASI, sehingga dari segi rasa sendiri bayi akan merasa sangat asing. Makanan yang tepat diberikan pada usia ini adalah sayur dan buah yang dihaluskan seperti kentang, apel, pisang, alpukat, atau melon. Atau Anda juga dapat memberikan bubur atau nasi yang sangat halus yang dibuat oleh Anda sendiri yang dicampur dengan sayuran yang juga dihaluskan. Agar lebih sehat Anda dapat menambahkan ayam, ikan, atau telur yang juga dihaluskan ke dalam bubur atau nasi yang dihaluskan.

• Usia 8-9 bulan


Pada usia ini bayi akan mulai makan tiga kali sehari, yang pada saat umu 6 bulan mulai bertahap dari sekali sehari hingga tiga kali sehari. Pada usia ini bayi sudah dapat memakan makanan yang tidak dihaluskan, seperti hanya di potong-potong kecil. Sayuran yang dapat dimakan untuk bayi pada usia ini seperti buncis, kentang, ikan, telur, dan kacang yang sudah di rebus terlebih dahulu. Tetapi ASI pada usia ini masih diberikan karena ASI lebih baik diberikan sampai anak usia 2 tahun.

• Usia 12 bulan


Pada usia ini bayi akan lebih banyak makan seperti 3-4 porsi nasi, kentang atau roti, 34- porsi sayur dan buah potong, dan 2 porsi ikan, telur atau daging. Namun tetap saja dalam pemberiannya tidak boleh memaksakan bayi untuk menghabiskan makanannya. Karena bayi tidak akan kekurangan makanan selama bayi tersebut masih diberikan ASI oleh ibunya. Pada usia ini, bayi akan makan sesuai keinginannya dia akan meminta jika sudah mulai lapar.

Itulah beberapa perbedaan makanan sehat untuk bayi yang dapat diberikan ketika usia bayi tertentu. Karena setiap usia akan berbeda pula makanan dan bentuk makanannya. Untuk jadwal makan sebaiknya orang tua memberikan makanan yang berbeda setiap harinya agar bayi tidak bosan dengan rasa yang diberikannya.

Anda dapat membeli makanan sehat untuk bayi di tempat yang terpercaya seperti Lemonilo. Di Lemonilo ini selain menjual bahan dan makanan untuk bayi dan anak, juga menjualkan makanan sehat lainnya. seperti cemilan, bahan makanan, makanan siap saji dan juga minuman sehat. Lemonilo ini merupakan website yang telah terpercaya dalam menjualkan produk yang sehat sehingga Anda tidak perlu khawatir.