Senin, 09 Januari 2017

Perkembangan Fisik-Motorik Anak Usia Dini

Filled under:

Perkembangan Fisik-Motorik Anak Usia Dini para ahli

Perkembangan Fisik-Motorik Anak Usia Dini

Usia anak 0-8 tahun merupakan masa yang sangat rentan sekali sebab di usia inilah perkembangan anak untuk menentukan karakter di masa depan. Setiap orang tua akan sangat bangga melihat anaknya bisa tumbuh kembang dalam keadaan baik. Pada masa ini sering disebut sebagai masa emas atau sering dikenal dengan sebutan Golden Age dimasa anak akan merasakan sensitif, peka atau pun mempunyai inisiatif dan berprakarsa. Disi anak memerlukan stimulasi yang akan memberikan makna yang sangat berbakti dan bisa tumbuk kembang secara otpimal. Perkembangan anak usia dini menurut para ahli harus dipahami dengan baik oleh orang tua agar anak bisa tumbuh kembang dalam keadaan sehat dan bisa secara normal seperti anak yang lainnya.

Aspek-aspek perkembangan pada diri anak berhubungan pada beberapa perkembangan seperti perkembangan fisik-motorik, perkembangan kognitif, perkemabganan bahasa, perkembangan nila-nilai moral dan agama, seni serta perkembangan emosional. Beberapa aspek ini tidak akan biosa berkembang sendiri namun harus terintegrasi menjadi sebuah kesatuan. Apabila adalah salah satu aspek yang terhambat maka akan sangat berpengaruh terhadap aspek-aspek perkembangan yang lainnya. Berikut ini akan dipaparkan sedikit tentang aspek perkembangan anak usia dini menurut para ahli yang sudah dirangkum.

Hal pertama yaitu masalah perkembangan fisik-motorik yang mana pertumbuhan secara fisik pada anak tidak akan tumbuh sama karena ada beberapa anak yang akan mengalami pertumbuhan fisik secara cepat dan lambat. Mungkin anda akan melihat anak yang mempunyai tubuh yang tinggi dan juga tubuh yang pendek. Hal ini membuktikan bahwa perkembangan fisik setiap anak berbeda. Pada masa usia anak masih kecil, pertumbuhan tentang tinggi dan juga berat sangat relatif seimbang. Namun akan bertahap tubuh anak akan mendapatkan perubahan-perubahan. Ketika anak masih dalam keadaan bayi akan mempunyai penampilan yang gemuk, namun secara perlahan tubuhnya bisa berubah menjadi langsung. Kaki dan tangan anak juga akan mengalami perubahan menjadi memanjang. Selain itu anak juga akan mengalami perubahan fisik sebaca proporsional yang mana anak akan mempunyai irama tubuh sendiri, cepat serta ada juga yang lambat. Namun semua itu akan mendapatkan kematangan tepat pada waktunya.