Senin, 09 Januari 2017

Cara Aman Merawat Pakaian Berbahan Sifon

Filled under:

Merawat Pakaian Berbahan Sifon


Merawat Pakaian Berbahan Sifon

Merawat Pakaian Berbahan Sifon - Bahan pakaian sifon banyak digunakan dalam pakaian berbentuk kaftan dan banyak dipakai oleh para kaum wanita, terutama pada saat acara-acara resmi seperti hari raya idul fitri, acara pesta pernikahan, dan acara formal lainnya. Mengenakan pakaian dengan bahan yang lembut dan tipis seperti sifon ini tentu akan membawa suasana anda nyaman dan lebih elegan saat berada ditengah-tengah keramaian. Namun, masalah yang sering dijumpai dalam hal ini adalah cara merawat pakaian berbahan sifon yang cukup rumit baik dari cara mencuci maupun menyetrikanya. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda harus mengetahui beberapa tips cara merawat pakaian kaftan berbahan sifon berikut ini :

● Sebelum mencuci kaftan berbahan sifon, anda perlu mengetahui jenis sifon yang digunakan dalam bahan pakaian anda. Pada umumnya, bahan sifon terdiri dari beberapa jenis seperti silk sifon, polyester, dan rayon crepe. Dari ketiga jenis sifon tersebut tentunya terdapat perbedaan terutama dalam karakteristik pada masing-masing jenis sifon, seperti halnya pada jenis sifon silk yang sangat lembut dan akan cepat rusak jika dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Untuk itu, jenis sifon silk ini akan lebih baik jika dicuci dengan menggunakan tangan.

● Sebelum mencuci, anda juga harus memperhatikan dengan baik petunjuk yang terdapat dalam label pakaian tentang bagaiamana cara mencuci dan mengeringkan pakaian dengan benar, agar dapat terhindar dari masalah kerusakan dan luntur pada pakaian berbahan sifon yang anda miliki.

● Hindari mencuci dengan menggunakan mesin cuci untuk kaftan yang dihiasi dengan payet. Sebaiknya, anda mencucinya secara manual atau dengan menggunakan tangan agar payet pada pakaian anda tidak rusak.

● Jika kaftan anda terkena noda seperti minyak, anda bisa menaburkan bedak pada bagian yang terkena noda tersebut untuk menghindarkan noda minyak yang membekas pada pakaian anda. Atau jika kaftan anda terkena permen karet, maka anda baisa mengatasinya dengan cara menggosokkan es batu atau lilin pada bagian yang terkena permen karet dan biarkan dalam beberapa waktu hingga mengeras. Setela itu, anda bisa melepaskan permen karet yang menemoel pada pakaian berbahan sifon ini secara perlahan.

● Sedangkan untuk noda membandel yang sulit hilang seperti darah atau bekas keringat, anda disarankan untuk menggunakan deterjen khusus untuk bahan pakaian laembut, seperti rinso anti noda cair yang cocok digunakan untuk mencuci kaftan berbahan sifon ini dengan kemampuannya yang dapat menghilangkan noda membandel secara keseluruhan pada pakaian anda.

Cara merawat pakaian berbahan sifon yang paling tepat adalah dengan menghindari mencuci menggunakan mesin cuci maupun menggosok dengan sikat cuci. Anda cukup menguceknya dengang tangan menggunakan deterjen rinso anti noda cair hingga noda pada pakaian hilang dan bersih sempurna.