Senin, 07 November 2016

Belajar Berhitung Dengan Mengandalkan Kemampuan Motorik Anak

Filled under: , ,



Setiap anak memiliki anugrah yang sangat luar biasa, yakni berbagai kemampuan mendasar yang sangat penting untuk dikembangkan. Kemampuan tersebut sangat banyak, tetapi dapat disimpulkan dengan tiga kemampuan, yakni kognitif, afektif, dan psikomotor. Ketiga kemampuan tersebut tentu saling berkaitan satu sama lain untuk mempelajari hal-hal baru. Salah satu hal baru yang mungkin saja lebih dulu anak kenal adalah belajar berhitung. Berhitung merupakan kegiatan yang berkaitan dengan angka-angka. Rentetan angka tersebut dapat ditambah, dikurang, dibagi, dan dikali. Kemapuan anak untuk menghitung tidak terlepas dari ketiga kemampuan tersebut, terutama kemampuan kognitif dan psikomotor. Kemampuan kognitif tentu sangat berhubungan karena berkenaan dengan pengetahuan dan wawasan. Kemudian psikomtoror juga sangat berpengaruh, tetapi dapat digunakan sebagai sarana alternatif atau solusi agar anak tidak jenuh untuk belajar.

Anak dengan kemampuan yang menonjol dari segi motorik dapat dimanfaatkan sebagai solusi agar belajar berhitung  yang hendak dilakukan dan terus dilatih menjadi menyenangkan. Hal tersebut didasari bahwa jika aspek psikomotor atau kemampuan motorik pada anak berkmebang, maka semangat belajar akan semakin meningkat.  Salah satu cara memanfaatkan kemampuan motorik untuk berhitung adalah dengan menggunakannya menjadi media bermain sekaligus belajar. Misal, dengan kemampuan motorik, anak dapat menghitung berapa langkah kaki yang telah ia lakukan. Kemudian anak pun dapat menghitung jumlah lompatan dalam sebuah permainan yang ia lakukan. Cara tersebut dirasa efektif, mengingat anak memang akan lebih senang bermain dibanding belajar.


Semangat anak untuk belajar berhitung tidak menutup kemungkinan karena kondisi fisik yang sedang kurang baik atau sakit. Anak yang sakit tentu perlu ditelusuri penyebabnya. Bisanya salah satu faktor yang sering ditemui di masyarakat saat anak sakit adalah nutrisi atau gizi yang diterima oleh tubuh tidak seimbang. Salah satu nutrisi yang baik untuk menumbuhkan semangat dari tubuh yang sehat adalah dari susu. Susu yang sering dikonsumsi oleh anak Indonesia yaitu Dancow. Produk ini memiliki kepercayaan dari para orang tua akan kebutuhan gizi anaknya. Dengan tubuh yang sehat, maka pertumbuhan motorik akan semakin berkembang.