Kamis, 17 Maret 2016

Cara Mencegah Penyakit Diabetes Melitus

Filled under:



Cara mencegah penyakit diabetes mellitus yang dilakukan sejak awal atau sebelum terkena penyakit tersebut adalah salah satu tindakan yang sangat baik. Cara mencegah yang dilakukan agar tidak terkenan penyakit ini memang sudah seharusnya menjadi kesadaran anda, mengingat mencegah lebih baik daripada mengobati.

Penyakit diabetes adalah penyakit yang cukup membahayakan bagi penderitanya. Terlebih penyakit diabetes dikatakan sebagai gerbang dari penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung, penyakit stroke dan lain-lain. Pengobatan yang dilakukan untuk penyembuhan penyakit diabetes mellitus ini juga tidaklah murah. Saat anda sudah terdiagnosis terserang penyakit diabetes ini, maka anda harus segera melakukan pengobatan agar tidak mengakibatkan komplikasi penyakit berbahaya lainnya.
Berikut adalah cara mencegah penyakit diabetes melitus yang dapat anda lakukan agar terhindar dari penyakit diabetes yang membahayakan tersebut.

1.       Pola makan yang sehat
Jaga kesehatan ada dengan dari asupan makanan yang anda konsumsi agar tidak beresiko terhadap kesehatan dalam jangka waktu panjang. Seperti hindari makanan daging yang tinggi lemak, makanan yang mengandung pengawet, makanan yang mengandung perasa, makanan yang mengandung pewarna buatan dan juga makanan yang mengandung pemanis buatan. Salah satu cara untuk mencegah penyakit diabetes yaitu dengan mengurangi asupan makanan tinggi gula. Untuk itu Anda dapat menggunakan gula rendah kalori tropicana yang baik untuk dikonsumsi dan tidak menyebabkan kenaikan kadar gula di dalam darah.

2.       Pola hidup sehat
Dengan pola hidup yang terjadwal di dalam menjalankan aktivitas keseharian maka hidup anda akan teratur. Ketidakteraturan di dalam pola hidup dapat mempengaruhi kerja berbagai organ di dalam tubuh.

3.       Lakukan aktivitas fisik secara rutin
Aktivitas fisik berupa olahraga atau pekerjaan yang penuh dengan aktivitas fisik lainnya seperti berbelanja atau jalan kaki dapat mengurangi resiko anda untuk terkena berbagai macam penyakit termasuk penyakit diabetes.

4.       Hindari rokok dan alkohol
Apabila Anda suka merokok dan meminum minuman beralkohol, hal tersebut dapat membahayakan kesehatan anda. Karena hal itu menjadikan anda sangat rentan terserang penyakit diabetes dan penyakit berat lainnya di kemudian hari.

5.       Jaga berat badan agar tetap ideal
Berat badan yang berlebihan memiliki faktor resiko yang sangat tinggi untuk seseorang terserang berbagai, penyakit termasuk penyakit diabetes. Untuk itu apabila anda memiliki kelebihan berat badan secara turunkan berat badan Anda.