Rabu, 30 Maret 2016

Beberapa Hal Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Tarif Asuransi Mobil

Filled under:

Memiliki kendaraan pribadi seperti mobil tentunya menjadi keinginan dari semua orang, terutama bagi mereka yang setiap hari melakukan pekerjaan dengan mobilitas yang tinggi, sehingga dengan adanya mobil tentunya dapat membuat pekerjaan yang dilakukan menjadi mudah dan terbantu dengan cepat. Pentingnya fungsi kendaraan dalam melancarkan aktivitas keseharian sehingga memerlukan perlindungan akan mobil yang dimiliki tersebut. Hal yang dapat untuk melindungi mobil tersebut diantaranya dapat dilakukan dengan melakukan asuransi mobil.

Sebelum anda melakukan asuransi mobil ada beberapa hal yang perlu diperhatikan misalnya tentang tarif asuransi mobil yang dikenakan. Dengan adanya asuransi mobil ini dapat melindungi kendaraan dari segala resiko yang mungkin terjadi seperti, tindakan pencurian, kerusakan, ataupun kecelakaan lainnya. Perlindungan ini seperti pengalihan resiko akan biaya yang harus ditanggung oleh pemilik kendaraan kepada pihak asuransi.

Mengenai tarif asuransi mobil biasanya dapat menjadi mahal ataupun murah, ini karena ada beberafa hal yang dapat mempengaruhinya, misalnya pada jenis asuransi yang diambil. Jika mobil anda mengambil jenis asuransi seperi all risk yang memiliki layanan dalam melindungi segala kerusakan, maka dalam hal biaya atau premi yang harus dibayarkan kepada pihak asuransi akan lebih mahal. Ini berbeda jika anda menggunakan jenis asuransi yang TLO (total loss only) tentunya dalam biaya yang harus dibayarkan menjadi lebih murah. Tetapi kerugiannya layanan fasilitas yang diterima tidak selengkap dengan asuransi jenis all risk.

Hal lainnya yang dapat mempengaruhi akan tarif asuransi mobil yaitu pada cakupan peratanggungan yang diambil. Seperti setelah mengambil salah satu jenis asuransi tadi kemudian mengambil perluasan cakupan akan perlindungan yang dimiliki, misal dengan mengambil cakupan tambahan yang lebih luas seperti perlindungan dari banjir, gempa bumi dan yang lainnya. Dengan bertambahnya cakupan ini maka akan berdampak pula pada tarif asuransi yang dikenakan. Oleh sebab ittu sebelum mengambil akan cakupan tambahan, maka sebaiknya diperhitungkan terlebih dahulu akan penting tidaknya cakupan yang diambil.

Hal terakhir yang dapat juga berpengaruh terhadap tarif asuransi mobil yaitu pada seberapa jauh mobil tersebut pernah dipakai dalam satu tahunnya. Jika semakin tinggi mobilitas dari kendaraan tersebut tentunya akan berdampak pula kepada kenaikan tarifnya, ini terkait resiko yang akan terjadi lebih besar bagi mobil yang sering digunakan untuk berkendara, apalagi dengan jarak yang jauh.