Selasa, 26 Januari 2016

Manfaat Asuransi bagi Masyarakat yang Belum Banyak Diketahui

Filled under:


Masyarakat pada umumnya belum memiliki minat yang tinggi untuk memiliki asuransi. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, salah satunya ialah kurangnya informasi yang masyarakat dapatkan mengenai asuransi itu sendiri, baik dari jenisnya, cara memperolehnya, ataupun manfaat asuransi bagi masyarakat, dan hal lainnya. Secara singkat asuransi merupakan sebuah kegiatan ataupun bisnis yang dilakukan atas dasar perjanjian dua pihak yang dikenal dengan istilah penanggung dan pihak tertanggung. Yang kemudian pihak perusahaan asuransi bertanggung jawab dalam memberikan jaminan ganti rugi terhadap hal yang diasuransikan oleh pihak tertanggung. Baik itu kendaraan, kesehatan, pendidikan, jiwa, dan lain sebagainya.

Mengingat dalam mendapatkan penghasilan yang tinggi terbilang cukup sulit, maka masyarakat menengah ke atas lebih memilih membeli asuransi dalam melindungi aset yang dimilikinya. Berbeda dengan masyarakat menengah ke bawah, pandangan mereka akan asuransi dinilai kurang begitu penting dan menyulitkan. Padahal manfaat asuransi bagi masyarakat cukuplah banyak.

Membantu dalam mengatur keuangan keluarga
Dengan membeli produk asurasi yang anda butuhkan, dengan begitu anda telah mempersiapkan keuangan untuk hal yang telah anda asuransikan, misalnya dalam hal ini pendidikan. Dengan begitu anda dapat memenej keuangan keluarga untuk hal yang lainnya.

Mendapatkan ketentraman hidup
Apabila anda membeli produk asuransi tertentu, misalnya asuransi kesehatan bagi anda beserta keluarga. Dengan adanya asuransi tersebut anda akan merasa tenang juga tentram dalam memperhatikan kesehatan anda ataupun keluarga. Setidaknya dalam hal ini anda telah mendapatkan jaminan keuangan yang mampu membantu anda dalam mendapatkan pelayanan kesehatan apabila suatu hari nanti anda atau salah satu anggota keluarga jatuh sakit.

Meminimalisir kerugian yang diperkirakan terjadi
Asuransi memiliki beberapa jenis produk yang memiliki fungsi serta manfaatnya masing-masing. Secara umum semua jenis produk asuransi memberikan penggantian kerugian baik kecelakaan, kebakaran, pendidikan terhadap nasabah asuransi atau pemegang polis. Dengan begitu, biaya yang harus anda keluarkan untuk kejadian yang tak terduga semakin sedikit.

Itulah kiranya beberapa manfaat yang dapat meningkatkan ketertarikan anda untuk membeli asuransi.